Sukses

Sedang Tayang, Simak Fakta Menarik Film 'Tuhan Izinkan Aku Berdosa'

Film Indonesia ini berkisah tentang Kiran yang mengalami dinamika dalam hidup yang berbalut isu religiusitas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa masih tayang di bioskop Tanah Air sejak 22 Mei 2024. Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Aghniny Haque dan sejumlah aktor dan aktris berbakat lainnya.

Film Indonesia ini berkisah tentang Kiran yang mengalami dinamika dalam hidup yang berbalut isu religiusitas. Ia yang merupakan mahasiswi dari keluarga miskin dibesarkan menjadi sosok yang taat beragama, pintar, dan kritis.

Namun, ia terjebak dalam kelompok agama garis keras yang dipimpin oleh Abu Darda. Bukannya mendapat hidayah, Kiran justru mendapat cobaan berat yang bertubi-tubi. Kiran pun mulai masuk ke dunia yang sangat berbanding terbalik dengan kehidupan awalnya.

Sebelum menyaksikan film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, simak beberapa fakta menariknya berikut ini:

1. Diadaptasi dari novel karya Muhidin M Dahlan

Kisah dalam film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa diangkat dari novel karya Muhidin M Dahlan. Novel tersebut terbit pertama kali pada 2003.

Muhidin M Dahlan menulis buku tersebut sebagai bentuk kritik sosial terhadap beberapa organisasi radikal yang mengusung pendirian negara Islam. Buku ini sempat menuai kontroversi karena isinya yang mengena dan tajam.

2. Judul film berbeda dengan novel

Meski diangkat dari novel karya Muhidin M Dahlan, tetapi untuk versi filmnya mengalami perubahan judul. Untuk versi film berjudul Tuhan, Izinkan Aku Berdosa, sedangkan novel aslinya berjudul Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur.

Istilah pelacur dalam judul novelnya dianggap terlalu vulgar, sehingga tim produksi sepakat mengubah judulnya. Meski demikian, isi ceritanya secara keseluruhan masih sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isu Pelecehan Seksual

3. Mengangkat isu pelecehan seksual

Meski premis utamanya tentang religiusitas, tetapi film ini juga mengangkat isu pelecehan seksual. Melalui sebuah unggahan di Instagram Hanung mengatakan, ia ingin menyuarakan suara korban-korban pelecehan seksual yang masih marak terjadi di Indonesia.

4. Disutradarai Hanung Bramantyo

Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa menjadi film terbaru karya sutradara kondang Hanung Bramantyo. Untuk naskahnya ditulis oleh Ifan Ismail.

Beberapa sumber menyebut, Hanung telah membaca novel ini sejak 2010. Namun, ia baru bisa merealisasikan keinginannya untuk mengadaptasi novel itu ke film layar lebar setelah 14 tahun lamanya.

5. Dibintangi jajaran pemain film populer

Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa mengajak dibintangi oleh Aghniny Haque sebagai pemeran utama. Selain dirinya, ada juga sejumlah pemain film lainnya, mulai dari Donny Damara, Djenar Maesa Ayu, Andri Mashadi, Samo Rafael, Nugie, Keanu Angelo, serta Nikita Mirzani.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini