Sukses

LAZISNU Siapkan 500 Rumah Hunian Sementara untuk Korban Gempa Bawean

Saat ini ada 70 unit hunian sementara yang sudah dibangun.

Liputan6.com, Semarang - Danone Indonesia menyerahkan donasi kemanusiaan melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah NU atau LAZIS NU. Kali ini, Danone menyumbang sebesar Rp 300 juta untuk membangun kembali fasilitas publik yang hancur akibat bencana gempa yang terjadi di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, pada 12 Mei lalu. 

Donasi diserahkan langsung oleh Head of Danone Government and External Scientific Affairs, Rahmat Hidayat, kepada Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil, di Aula Lantai 1 Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. Turut mendampingi diantaranya Ketua PBNU. H Choirul Sholeh Rasyid dan Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana Alam dan Perubahan Iklim (LPBI) PBNU, Halik Rumkel.

Ketua PBNU Choirul Sholeh Rasyid menyampaikan bahwa bantuan akan dialokasikan untuk kegiatan hunian sementara bagi warga terdampak gempa di Bawean.

"Rencananya LAZISNU mendirikan 500 unit hunian sementara untuk membantu masyarakat terdampak bencana. Saat ini, 70 unit telah berhasil dibangun," katanya.

Sementara, Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU Qohari Cholil, mengungkapkan Danone telah kesekian kalinya mempercayakan aksi kemanusiaannya melalui LAZISNU. Sebelumnya, Danone juga mengamanahkan bantuan untuk Palestina kepada LAZISNU.

LAZISNU akan bekerja sama dengan LPBI PBNU dalam melakukan pendistribusian bantuan di lapangan. Selain itu, LAZISNU akan mengirimkan bantuan lain seperti bahan makanan siap saji dan tenaga psikososial untuk membantu proses pemulihan psikologis para korban. 

"Ada 500 huntara yang dibutuhkan oleh masyarakat Bawean. Sementara karena memang masih labil di sana. Insyaallah bantuan ini akan kita wujudkan hunian sementara," katanya.

Di tempat yang sama, Danone Government and External Scientific Affairs Rahmat Hidayat menyatakan komitmennya untuk mendukung respons terhadap bencana di Bawean dan berkolaborasi dengan PBNU.

"Mekanismenya akan kita selaraskan dengan strategi PBNU," tambahnya.

Rahmat mengatakan bahwa penyaluran donasi melalui PBNU ini bukan kali pertama. Ia berharap bantuan dapat tersalurkan dengan efektif dan membantu meringankan beban para warga terdampak gempa Bawean.

"Sebelumnya kita melakukan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza atas bencana kemanusiaan yang sedang terjadi. Sebelumnya juga kita ada kerja sama di bidang pendidikan melalui LP Ma'arif kita membantu PBNU untuk mengedukasi masyarakat bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.