Sukses

Fakta Menarik dan Inspiratif IU yang Berulang Tahun 16 Mei

Penyanyi bernama asli Lee Ji Eun ini sudah melahirkan banyak karya populer. Lagu-lagunya memiliki irama yang lembut dan sesuai dengan segala suasana.

Liputan6.com, Yogyakarta - Solis sekaligus aktris asal Korea Selatan, IU, berulang tahun hari ini, 16 Mei 2024. Tahun ini, ia merayakan ulang tahunnya yang ke-31 tahun.

Penyanyi bernama asli Lee Ji Eun ini sudah melahirkan banyak karya populer. Lagu-lagunya memiliki irama yang lembut dan sesuai dengan segala suasana.

Debut sejak 2008, IU pun melebarkan sayapnya ke dunia akting. Debut aktingnya adalah di drama Dream High (2010), sekaligus mengisi soundtrack lewat lagu berjudul Someday.

Untuk mengenal IU lebih dalam, berikut beberapa fakta menarik dan inspiratif penyanyi Kpop kelahiran 1993 ini:

1. Berasal dari keluarga kurang mampu

Saat masih kecil, IU dan adiknya harus tinggal bersama nenek karena keluarganya terlilit utang. Hal itu membuat keluarganya mengalami kesulitan keuangan.

Bahkan, mereka sempat tinggal di sebuah ruang kecil yang penuh kecoa. Tak berhenti di situ, saat pindah ke rumah kerabat, mereka bertiga justru mendapat pelecehan verbal. Hal itu lah yang kemudian mendorong IU ingin sukses menjadi penyanyi.

2. Pernah ditipu

Masa sulit IU pun bukan sekadar perihal keuangan keluarga. IU juga sempat menjadi korban tindak kriminal saat sedang mencari audisi.

IU ditipu oleh sebuah agensi yang memintanya mengirim sejumlah uang agar IU bisa jadi trainee dan tampil di program TV. Sedihnya, uang yang hilang itu adalah tabungan neneknya dari hasil jualan aksesoris kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Audisi

3. Gagal audisi di JYP Entertainment

Sebelum sukses menjadi penyanyi solo, ternyata IU pernah mengikuti audisi JYP Entertainment. Sayangnya, ia gagal.

Belakangan, pendiri JYP Entertainment Park Jin Young baru mengetahui tentang fakta tersebut. Responnya adalah ingin memecat siapa pun yang menelepon dan menolak IU.

4. Berjuang dari bulimia

Pada 2014, IU mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis gangguan makan bulimia, yakni sebuah gangguan emosional yang melibatkan citra tubuh dan keinginan obsesif untuk menurunkan berat badan. Hal itu menyebabkan depresi dan muntah yang diinduksi sendiri. 

Dampaknya pun bisa menimbulkan rasa kebencian terhadap diri dan mengasihani diri sendiri. Sekarang, IU memiliki jadwal makan yang tetap untuk menjaga kesehatannya.

5. Beri hadiah kulkas penuh soju untuk G-Dragon

IU menggandeng rapper sekaligus pentolan grup BIGBANG, G-Dragon, untuk berkolaborasi di lagunya yang berjudul Palette. Sebagai ungkapan terima kasih, secara mengejutkan IU membelikannya kulkas yang penuh dengan botol soju.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini