Sukses

Mulai Mei Jalan Braga Ditutup Tiap Sabtu-Minggu, Bagaimana Pesepeda?

Penerapan BFV diklaim sudah melalui kajian yang komprehensif. Selain mengurai kemacetan juga diharapkan jadi daya tarik wisatawan

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung mengumumkan, penerapan Braga Free Vehicle (BFV) atau Braga bebas kendaraan akan dimulai pada Mei mendatang setiap Sabtu dan Minggu. Penutupan jalan tersebut dilakukan selama 24 jam.

"Salah satu ikon Kota Bandung adalah Braga. Jalan Braga ingin kita kembalikan lagi kepada fungsi awal. Insyaallah minggu depan (penerapannya). Mohon dukungan dari semuanya," kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, dalam keterangannya, Jumat, 26 April 2024.

Bambang mengklaim, penerapan BFV ini sudah melalui kajian yang komprehensif. Selain mengurai kemacetan juga diharapkan jadi daya tarik wisatawan.

"Harapannya simpel saja, Kota Bandung ini kota jasa dan pariwisata. Apa sih yang mau dijual? Salah satu di antaranya untuk bisa menarik wisatawan dan juga untuk warga Kota Bandung. Semua bisa menikmati Jalan Braga yang akan kita uji cobakan di Jalan Braga panjang," katanya.

Braga Citywalk, katanya, akan menjadi zona eksklusif bagi pejalan kaki dan pesepeda, dengan larangan kendaraan bermotor.

“Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik bagi wisatawan, tetapi juga mendukung upaya pengurangan kemacetan di pusat kota,” katanya.

Bambang mengatakan, pemerintah kota juga menyiapkan sejumlah antisipasi dan fasilitas penunjang untuk penutupan Jalan Braga, di antaranya:

1. Rekayasa Lalu Lintas

Akan dilakukan penyesuaian arus lalu lintas di sekitar Jalan Braga untuk meningkatkan efisiensi mobilitas.

2. Fasilitas Drop Off

Pihak berwenang akan menyediakan area drop-off di simpang-simpang strategis untuk memudahkan akses pengunjung.

3. Parkir On-Street dan Kantong Parkir

Pengunjung akan difasilitasi dengan area parkir on-street dan kantong parkir di aset pemerintah, yang akan memberikan alternatif yang nyaman bagi mereka yang berkunjung.

Selain itu, untuk mendukung aksesibilitas ke area tersebut, pemerintah akan menyediakan layanan shuttle Bandros Sirkular khusus bagi tamu hotel di sekitar Jalan Braga.

“Sebagai langkah persiapan, kita akan mulai melakukan uji coba rute shuttle Bandros di sekitar kawasan Braga pada hari Minggu besok,” jelasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.