Sukses

Libur Lebaran, Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Kota Bandung yang Wajib Dibawa Pulang

Ada banyak buah tangan atau oleh-oleh khas Bandung seperti Kartika Sari, Bolu Bakar, Brownies Amanda, dan kudapan lainnya.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, termasuk saat libur lebaran kini. Saat berlibur, rasanya kurang jika tidak membawa pulang oleh-oleh Bandung.

Bagi yang tengah menghabiskan masa libur lebaran di kota Bandung, terdapat sejumlah kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Berikut deretan rekomendasi pusat oleh-oleh makanan khas Kota Bandung, dilansir dari Diskominfo Kota Bandung:

1. Kartika Sari

Buat penggemar kuliner khas Bandung pastinya mengenal Kartika Sari.

Kartika Sari merupakan salah satu dari banyaknya oleh-oleh khas Bandung. Kartika Sari terkenal dengan pisang bolennya yang super enak. Kartika Sari adalah sebuah toko kue yang menjadi pusat oleh-oleh Bandung sejak tahun 1974.

Selain pisang bolen, terdapat berbagai menu lainnya yang bisa dicoba atau membawanya sebagai buah tangan saat berkunjung ke Bandung seperti cheese roll, bagelen, brownies panggang, picnic roll sale pisang, dan aneka keripik renyah.

Kartika Sari memiliki beberapa cabang, seperti Kartika Sari Antapani, Kartika Sari Kebon Jukut, Kartika Sari Cicendo dan Kartika Sari cabang Jalan A. H. Nasution No. 133 B, Bandung.

2. Brownies Amanda

Tak lengkap rasanya jika ke Bandung tak membawa pulang oleh-oleh Brownies Amanda. Meski sudah ada sejak belasan tahun yang lalu, tapi toko kue Brownies Amanda ini tak pernah surut peminatnya.

Di Brownies Amanda, anda bisa memilih beragam pilihan brownies kukus dengan rasa yang bervariasi. Mulai dari yang original, cheese cream, blueberry, dan masih banyak lagi.

Brownies Amanda memiliki beberapa cabang salah satunya Jalan Rancabolang No.29, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung.

3. Primarasa

Primarasa populer akan kue-kuenya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung. Salah satu kue yang banyak diburu adalah brownies panggangnya.

Primarasa menawarkan oleh-oleh kuliner khas Bandung dengan harga yang sangat terjangkau sehingga banyak yang memburunya.

Anda bisa datang langsung ke salah satu cabangnya di Jalan Pasir Kaliki No.163.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bolu Bakar, Roti sampai Batagor

4. Toko Roti dan Kue Sidodadi

Toko Roti dan Kue Sidodadi merupakan salah satu tempat toko roti dan kue legendaris di Bandung dan telah menjadi tempat oleh-oleh sejak puluhan tahun lalu.

Tokonya tidaklah besar, tapi di dalamnya menawarkan roti jaman dulu. Serta aneka jajanan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh saat kembali ke kota asal.

Harga yang ditawarkan Roti Sidodadi sangat terjangkau yaitu mulai Rp. 4.700 untuk beragam jenis roti mulai dari Roti coklat, susu, nanas, krenten dan horn. Ada juga roti asin, rasa kornet, smoke beef dan baso.

Ciri khas dari produk toko Sidodadi adalah tanpa adanya bahan pengawet, bahan pelembut, pewarna dan dengan bahan isian yang alami juga.

Toko Roti dan Kue Sidodadi ini beralamat di Jalan Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241.

5. Bolu Bakar Tunggal

Jika mencari dessert dengan isian topping melimpah, maka Bolu Bakar Tunggal bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tersedia aneka rasa yang menggugah selera, seperti coklat, kelapa susu, nanas, kacang, dan roombutter.

Jika ingin rasa yang antimainstream, maka ada pula Bolu Bakar Tunggal rasa tuna dan abon yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Harganya pun cukup variatif mulai dari Rp35 ribu sampai dengan Rp150 ribu tergantung isian. Untuk harga termahal dipegang oleh bolu bakar isian durian. Hal ini lantaran harga durian yang memang cukup tinggi.

Bolu Bakar Tunggal memiliki banyak cabang di Bandung. Pelanggan bisa cek di akun Instagram resmi mereka @bolubakartunggal_

6. Kopi Aroma

Kopi Aroma adalah oleh-oleh khas Kota Kembang yang sangat dikenal, terutama bagi para penyuka kopi. Merek ini sudah berjualan sejak tahun 1930 dan terkenal karena rasanya yang khas dan nikmat.

Keunikan rasa Kopi Aroma didapat dari proses penyimpanan biji kopi yang sudah dijemur selama 5 hingga 8 tahun dan penggunaan peralatan tradisional dalam pengolahan biji kopi.

Kopi yang ada di sini mencakup varietas kopi arabika dan kopi robusta dari berbagai daerah. Anda dapat langsung mencicipi kopi aroma di Jl. Banceuy No. 51, Bandung.

7. Batagor Riri

Menghadirkan cita rasa autentik batagor dengan varian pilihan menu, Batagor Riri ini terletak di kawasan Jalan Burangrang Nomor 41, Malabar, Bandung. Batagor Riri ini menyuguhkan kelezatan batagor dengan tampilan yang menggugah selera.

Disajikan dengan porsi yang cukup besar, menjadi pilihan sempurna bagi keluarga atau rombongan saat menikmati hidangan lezat ini. Untuk harga, Batagor Riri mematok harga mulai dari Rp92.500- Rp185.000 untuk satu porsi batagor dengan isi 10 potong.

8. Baso Tahu Tulen Situ Indah

Tak kalah populer dari batagor yang mendunia, baso tahu juga mampu menggoyang lidah para pecinta kuliner. Salah satunya Baso Tahu Tulen Situ Indah yang berlokasi di Jalan Dr. Setiabudhi No. 107 dan saat ini memiliki lebih dari 10 cabang di Kota Bandung.

Baso Tahu Tulen telah berproduksi sejak tahun 2000an. Dinamakan Baso Tahu Tulen Situ Indah yaitu tulen berarti asli. Sedangkan Situ Indah itu lokasi pertama kali produksi baso tahunya.

Baso Tahu Tulen Situ Indah dihargai Rp8.000 per potongnya. Ada 6 macam varian yaitu siomay, tahu putih, pare, kentang, telur dan kol yang ukurannya besar-besar.

Baso Tahu Tulen Situ Indah buka setiap hari pada pukul 06.30-23.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.