Sukses

5 Tempat Wisata Yogyakarta yang Buka Saat Lebaran

Beragam tempat wisata Yogyakarta ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat untuk menikmati momen libur Lebaran bersama.

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta memiliki berbagai tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi saat libur lebaran, mulai dari tempat wisata alam hingga wisata edukatif.

Bahkan, ada beberapa tempat wisata yang tetap buka saat Hari Raya Idul Ftiri. Beragam tempat wisata Yogyakarta ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat untuk menikmati momen libur Lebaran bersama.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata Yogyakarta buka Lebaran.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata edukatif dan bersejarah yang tetap buka saat lebaran. Tempat wisata ini dapat menjadi destinasi menarik untuk mengenalkan sejarah kepada anak-anak.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Legenda yang terkenal adalah Roro Jonggrang.

Di sekitar Prambanan juga terdapat sejumlah candi kecil yang bisa dikunjungi. Harga tiket masuk kawasan Candi Prambanan dibanderol mulai Rp25.000 hingga Rp50.000 per orang.

Candi Prambanan berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No 16, Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini buka mulai 06.30 hingga 17.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gua Pindul

2. Gua Pindul

Gua Pindul menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi saat libur lebaran. Tempat wisata alam ini terbilang cukup unik, karena memiliki sungai yang dapat dijelajahi di dalamnya.

Para wisatawan dapat menjelaji sungai di dalam Gua Pindul dengan ban pelampung. Gua Pindul dapat dinikmati dengan cara river tubing di sungai yang berada di dalam gua ini.

Wisatawan tak perlu takut gelap saat berada di dalam gua karena pertugas juga meminjamkan head lamp kepada wisatawan. Selain head lamp juga tersedia berbagai fasilitas keamanan lainnya seperti ban karet, pelampung dan helm.

Sambil menikmati aliran sungai dan keindahan Gua Pindul dari atas ban karet, wistawan juga dapat belajar legenda dan sejarah Gua Pindul yang dijelaskan oleh para pemandu. harga tiket masuk detinasi wisata ini dibanderol mulai Rp 45.000 saja.

Gua Pindul berada di Desa gelaran 1, Kelurahan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata ini buka saat lebaran mulai pukul 06.00 WIB.

3. Waterboom Jogja Bay

Waterboom Jogja atau Jogja Bay bisa menjadi pilihan destinasi saat lebaran. Banyak wahana seru yang bisa dimainkan, seperti volcano coaster, brando boomeranggo, donte wild river, dan south beach atau kolam ombak.

Harga tiket masuk tempat wisata ini dibanderol Rp125.000 per orang. Waterboom Jogja atau Jogja Bay buka pukul 11.00 WIB saat hari lebaran.

Waterboom Jogja Bay berada di Jalan Utara Stadion Maguwoharjo, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

 

3 dari 3 halaman

Gembira Loka Zoo

4. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang buka saat Lebaran 2024. Kebun binatang ini cocok dikunjungi bersama anak-anak.

Tak hanya berwisata, Gembira Loka Zoo juga dapat menjadi wahana edukasi yang menyenangkan. Wisatawan tak perlu khawatir akan kelelahan saat menjelajahi Gembira Loka Zoo, pengelola menyediakan kereta yang mengantar wisatawan ke titik selanjutnya.

Pada jam tertentu, wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan satwa seperti beruang madu, burung merak dan orang utan. Harga tiket masuk Gembira Loka Zoo dibanderol mulai Rp 85.000.

Gembira Loka Zoo buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Gembira Loka Zoo di Jalan Kebun Raya No 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

5. Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata Yogyakarta yang buka saat lebaran selanjutnya adalah Agrowisata Bhumi Merapi. Tempat wisata Yogyakarta ini mengusung konsep pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Agrowisata Bhumi Merapi antara lain berfoto di Langlang Buana Bhumi Merapi. Area ini disulap seperti Santorini lengkap dengan bangunan serba putih dan atap biru.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke Animalia Zone, yakni kebun binatang mini dengan aneka satwa seperti kelinci, kuda, kambing Etawa, burung hantu, burung macaw, dan aneka reptil. Agrowisata Bhumi Merapi buka mulai pukul 13.00 saat hari lebaran.

Sementara, harga tiket masuk Agrowisata Bhumi Merapi dibanderol Rp30.000. Agrowisata Bhumi Merapi berada di Jalan Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini