Sukses

Catat, 6 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Garut Paling Terkenal

Kota Garut mempunyai banyak sajian oleh-oleh terkenal yang bisa dibeli ketika mengunjunginya. Berikut ini adalah enam oleh-oleh khas Garut yang paling terkenal.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki musim mudik lebaran banyak masyarakat yang mulai pulang ke kampung halamannya setelah merantau ke kota lain. Salah satu kegiatan yang tidak terpisahkan ketika menyambut mudik lebaran adalah mencari oleh-oleh khas daerah untuk dibawa pulang.

Dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa oleh-oleh yang biasa dibeli dari Garut untuk keluarga di rumah. Kota Garut memiliki berbagai macam pilihan oleh-oleh salah satunya makanan ringan yang mempunyai rasa khas dan nikmat.

Misalnya saja membawa makanan dodol garut yang dikenal sebagai makanan manis yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula, dan santan kelapa. Makanan dodol dikenal dengan tekstur yang kenyal dengan rasa manis yang nikmat.

Dodol Garut biasanya dijadikan oleh-oleh favorit untuk para pemudik karena makanan ini bisa bertahan lebih lama dan mudah untuk dibawa ketika perjalanan pulang. Bahkan saat ini sudah ada banyak produk dodol garut yang dibuat dengan rasa bervariasi.

Selain makanan manis oleh-oleh makanan asin dan pedas dari kota Garut juga ada berbagai macam. Salah satunya oleh-oleh moring sebuah cemilan berbentuk keripik renyah dengan rasa yang beragam.

Moring sendiri berasal dari nama cimol kering dan terbuat dari tepung kanji yang dibumbui hingga diiris tipis untuk digoreng kering. Bumbu moring juga bervariasi ada yang berasa asin gurih hingga asin pedas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Oleh-Oleh Khas Garut Paling Terkenal

1. Chocodot

Chocodot adalah oleh-oleh khas Garut yang paling populer karena memiliki sajian kuliner kreatif yang menarik. Pasalnya makanan ini memiliki bahan dasar garut yang berbalut cokelat yang manis.

Bahkan makanan ini juga mengkombinasikan berbagai jenis rasa lainnya mulai dari rasa varian buah dan lain-lain. Nama Chocodot pun merupakan singkatan dari nama “Chocolate dodol garut”.

Chocodot sendiri bisa ditemui di beberapa toko oleh-oleh di Garut atau bisa dengan mengunjungi toko langsungnya yang ada di Jl. Raya Kubang No.100, Pasawahan, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

2. Burayot

Burayot merupakan makanan tradisional dan termasuk cemilan khas Garut yang sering dijadikan oleh-oleh. Makanan ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa toko atau penjual pinggir jalan di Garut.

Sebagai informasi nama “Burayot” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “bergelantungan”. Nama tersebut tidak terlepas dari cara pembuatan dan bentuk burayot yang dibuat dengan cara digoreng lalu digantung.

Makanan ini terbuat dari gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, hingga beras merah. Rasanya yang manis dan gurih menjadikan makanan ini banyak disukai oleh para pecinta kuliner.

3 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Garut Paling Terkenal

3. Dodol Garut

Kurang afdol namanya jika Dodol Garut tidak masuk dalam keranjang oleh-oleh makanan dari Garut. Makanan ini menjadi cemilan khas yang mempunyai banyak variasi rasa yang bisa dicoba.

Dodol Garut juga termasuk dalam sajian tradisional yang patut untuk dilestarikan karena rasanya yang khas. Seperti dodol pada umumnya Dodol Garut memiliki tekstur yang kenyal dan lengket.

Namun yang membedakannya Dodol Garut mempunyai kualitas tinggi dan dipadukan dengan berbagai variasi rasa terutama rasa buah-buahan. Dodol Garut juga bisa ditemukan dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh.

4. Bakso Aci

Bakso Aci merupakan cemilan berkuah yang identik dengan bakso dari tepung kanji atau tepung aci. Saat ini Bakso Aci memang mudah ditemukan di beberapa daerah karena menjadi salah satu jajanan populer di Indonesia.

Namun dari daerah asalnya yaitu Garut sajian Bakso Aci tentunya mempunyai rasa yang berbeda dan jauh lebih khas. Saat ini ada beberapa penjual yang menjual bakso aci instant sehingga mudah untuk dibawa sebagai oleh-oleh keluarga.

Biasanya bakso aci juga mempunyai isi yang beragam mulai dari isian daging, tulang muda, hingga keju.

4 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Khas Garut Paling Terkenal

5. Moring (Cimol Kering)

Moring merupakan cemilan khas Garut yang berasal dari singkatan “Cimol Kering”. Makanan ini identik dengan olahan keripik renyah yang terbuat dari tepung aci dan tepung terigu.

Meskipun terbuat dari bahan yang sederhana cemilan ini banyak disukai oleh orang-orang karena biasanya menggunakan bumbu gurih baik asin atau pedas. Diketahui moring dibuat dari tepung aci atau tepung terigu yang dibentuk cimol lalu diiris tipis untuk kemudian digoreng hingga kering.

Cemilan ini cocok jadi oleh-oleh khas yang akan disukai oleh banyak orang termasuk anak-anak. Biasanya moring dijual dengan dua varian rasa yaitu rasa asin dan rasa pedas yang nikmat.

6. Ladu

Ladu merupakan makanan tradisional khas Garut lebih tepatnya berasal dari daerah Malangbong, Garut. Makanan ini terbuat dari ketan atau tepung ketan putih yang sudah disangrai (dimasak tanpa digoreng minyak).

Biasanya Ladu memiliki rasa yang manis karena perpaduan dari gula putih, gula aren merah, dan kelapa yang sudah diparut. Ladu cocok menjadi makanan oleh-oleh untuk keluarga terutama orang tua yang menyukai cemilan tradisional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini