Sukses

Jalan Tol Jogja-Solo Dibuka untuk Mudik, Ini Jadwalnya

PT Jasa Marga Jogja-Solo mulai membuka jalan tol Jogja-Solo secara fungsional mulai hari ini, Jumat (5/4). Pengoperasian jalan tol tersebut untuk menyambut arus mudik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Solo - Jalan Tol Jogja-Solo mulai dibuka secara fungsional untuk perjalanan arus mudik 2024. Jalan tol sepanjang 22 kilometer yang menghubungkan Colomadu, Kabupaten Karanganyar hingga Ngawen, Kabupaten Klaten itu mulai dioperasikan hari ini, Jumat (5/4/2024).

Direktur Utama PT Jasa Marga Jogja-Solo, Rudy Hardiansyah menjelaskan pengoperasian jalan tol Jogja-Solo secara fungsional yang dilakukan mulai hari ini sesuai dengan rencana awal. Rencananya tol fungsional Jogja-Solo dibuka mulai hari ini hingga tanggal 11 April 2024 mendatang untuk arus mudik. Sedangkan untuk arus balik akan mulai diberlakukan pada tanggal 12-15 April 2024 mendatang.

"Tadi pukul 06.00 WIB, kami sudah melaksanakan pelepasan pemudik yang melalui jalan tol fungsional ini bersama Kapolres Boyolali, dari Colomadu sampai wilayah Ngawen, Kabupaten Klaten yang berjarak sekitar 22 kilometer. Di Karanganom juga ada exit keluar kurang lebih di KM 13," ujar dia di area ruas jalan tol Yogyakarta-Solo wilayah Colomadu, Karanganyar, Jumat (5/4/2024).

Menurut Rudy, selama jalan tol fungsional dibuka, kendaraan yang melintasi jalan tol Jogja-Solo itu dibatasi hanya untuk kendaraan golongan I. Pembatasan tersebut dilakukan karena kondisi konstruksi bangunan di jalan tol tersebut belum selesai 100 persen. 

"Mengingat kondisi konstruksi yang belum selesai, kami hanya membatasi yang melintasi kendaraan golongan I jadi kendaraan mobil penumpang," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beroperasi Satu Arah

Dengan kondisi pembangunan ruas jalan tol yang belum rampung, ia pun meminta kepada para pemudik yang menggunakan ruas jalan tol tersebut untuk tidak mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan masih terdapat beberapa titik kendaraan yang melintasi harus berpindah dari ruas jalan satu ke ruas jalan lainnya terutama di kawasan Kabupaten Klaten.

"Mengingat jalan ini masih konstruksi, mungkin ada beberapa hal yang belum sesuai dengan standar operasional jalan sehingga kami mengimbau para pengguna jalan untuk tidak memacu dengan kencang, khususnya di antara Karanganom sampai Klaten karena di sana masih satu jalur dan ada beberapa titik yang harus berpindah jalur satu ke dua atau dari A ke B," ujarnya.

Kemudian, dia menambahkan selama arus mudik, jalan tol Jogja-Solo yang dibuka secara fungsional itu hanya beroperasi satu arah dari Solo menuju Yogyakarta. Nantinya, saat arus balik Lebaran, jalan tol tersebut akan beroperasi satu arah untuk arus dari Yogyakarta menuju Solo. Selama pengoperasian secara fungsional ini jalan tol tersebut hanya beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

“Dioperasikan siang hari saja karena mengingat ada beberapa kebutuhan untuk pengaturan lalin yang belum terpasang. Kita belum pasang marka, rambu-rambu juga masih sifatnya rambu sementara dan penerangan belum tersedia cukup,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.