Sukses

Shimmer Jadi Tren Baju Lebaran 2024, Begini Cara Merawatnya

Kain shimmer adalah jenis kain yang memiliki permukaan glossy, sehingga memberikan efek mengilap.

Liputan6.com, Yogyakarta - Baju dari kain shimmer bakal menjadi tren baju Lebaran 2024. Tampilan pakaian atau gamis berbahan shimmer terlihat mewah dan elegan, tetapi perlu trik khusus untuk merawatnya agar tak cepat rusak.

Kain shimmer adalah jenis kain yang memiliki permukaan glossy, sehingga memberikan efek mengkilap. Efek tersebut terasa seperti cahaya atau sinar matahari, tetapi tidak memberikan kesan berlebihan seperti gliter.

Agar baju shimmer tetap awet, berikut beberapa tips cara merawatnya:

1. Cuci dengan lembut

Kain shimmer cenderung sensitif terhadap gesekan dan tekanan berlebih. Sebaiknya, cuci kain shimmer secara manual dengan tangan.

Hindari menggunakan mesin cuci atau mencucinya dengan cara yang terlalu kasar. Dengan mencuci secara manual, tekanan gesekan pada kain dapat dikontrol dengan baik sehingga serat kain tidak rusak.

2. Cuci dengan air dingin atau hangat

Untuk menjaga keindahan kain shimmer, kamu juga bisa mencucinya dengan air dingin ataupun hangat. Hindari mencuci dengan air panas yang dapat membuat serat kain menjadi rapuh dan memudarkan warna.

3. Pilih detergen yang lembut dan bebas pewangi

Hal yang tak kalah penting dalam menjaga keawetan kain shimmer adalah memilih detergen yang tepat. Sebaiknya gunakan detergen yang lembut dan bebas pewangi.

Detergen dengan kandungan bahan kimia keras atau pewangi dapat membahayakan kualitas serat kain. Hal itu sangat rentan membuat kain rusak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rendam dengan Benar

4. Rendam dengan benar

Merendam kain shimmer tak bisa sembarangan. Sebaiknya hindari merendam kain shimmer terlalu lama karena dapat menyebabkan serat kain rapuh.

Cukup rendam kain dalam air detergen sekitar 10-15 menit saja. Selanjutnya, bilas kain dengan air bersih dan peras secara lembut.

5. Hindari penggunaan setrika langsung pada kain

Saat menyetrika kain shimmer, hindari menyetrikanya secara langsung tanpa perlindungan apapun. Sebaiknya, gunakan kain pelindung pada bagian atas kain shimmer saat menyetrika.

Kamu bisa memilih kain katun atau kain tebal lainnya sebagai pelingdung. Selain itu, pastikan untuk menyetel suhu setrika pada tingkat rendah atau sedang.

6. Hindari menjemur langsung di bawah sinar matahari

Tak kalah penting, pastikan untuk memilih tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung saat menjemur baju berbahan kain shimmer. Sinar matahari dapat memicu memudarnya warna dan merusak serat kain. Cari tempat teduh, terbuka, dan jemur kain dengan posisi terbalik.

7. Simpan kain di tempat yang kering

Tak hanya soal mencuci dan menjemur, trik menyimpan juga menjadi salah satu kunci penting awetnya kain shimmer. Simpan baju shimmer Lebaran 2024 milikmu di lemari atau rak laci yang tertutup rapat untuk melindungi kain dari debu, kotoran, dan kelembapan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.