Sukses

Prediksi Cuaca Jawa Barat saat Arus Mudik 5-10 April 2024, Pemudik Disarankan Berangkat Pagi

Pemudik pun disarankan untuk melakukan perjalanan pada pagi hari karena kondisi cuaca kondusif. Selain itu, jika dalam perjalanan cuaca buruk diharapkan untuk menepi dan berlindung di tempat yang aman.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan prakiraan cuaca di Jawa Barat saat masa mudik Lebaran 2024, yakni pada rentang 5-10 April 2024. BMKG pun memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat untuk mengantisipasi kondisi cuaca saat mudik.

Berdasarkan kondisi dinamika cuaca dan data hasil observasi serta pengamatan satelit dan radar cuaca, kondisi cuaca tanggal 5 hingga tanggal 10 April 2024, pada umumnya cerah berawan hingga berawan. Namun, potensi hujan ringan pada siang hingga sore hari masih harus diwaspadai untuk seluruh wilayah Jawa Barat.

"Hujan sedang-lebat juga masih berpotensi terjadi. Pada tanggal 5 April 2024: siang hingga malam hari merata hampir di seluruh Jawa Barat," dikutip dari laporan tertulis disampaikan Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu.

Sementara, pada 7 April 2024 potensi hujan sedang-lebat itu terjadi pada siang-sore hari di wilayah Jawa Barat bagian tengah. Pada tanggal 10 April 2024, potensi itu pada malam hari di wilayah Jabodetabek.

Imbauan

BMKG memberikan imbauan, bagi masyarakat yang melakukan mudik lebaran pada tahun 2024 ini, diminta untuk selalu memperhatikan faktor keselamatan yang berlaku, termasuk di dalamnya terkait dengan potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang pada skala lokal.

Masyarakat dihimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui kanal resmi BMKG dan instansi terkait untuk update cuaca yang resmi dan akurat. Info cuaca dapat diakses melalui aplikasi InfoBMKG, atau juga diakses melaui Instagram, dan juga pemberitaan di media massa, atau juga melalui signature.bmkg.go.id.

Pemudik pun disarankan untuk melakukan perjalanan pada pagi hari karena kondisi cuaca kondusif. Selain itu, jika dalam perjalanan cuaca buruk diharapkan untuk menepi dan berlindung di tempat yang aman.

"Hindari jalur-jalur mudik rawan genangan, rawan banjir, rawan longsor dan rawan pergerakan tanah," imbau BMKG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini