Sukses

Ridwan Kamil Baru Paham Asal Usul Bahasa Indonesia dari Pulau Ini

Didampingi Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad Ridwan Kamil mengunjungi Pulau Penyengat.

Liputan6.com, Batam - Politisi Golkar Ridwan Kamil didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengunjungi pulau Penyengat di Kepulauan Riau. Ridwan mengaku pertama kali berkunjung ke Pulau Penyengat dan mengaku kagum  dengan kekayaan budaya dan warisan Melayu yang ada di Pulau Penyengat. Salah satunya adalah Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji. 

"Ternyata bahasa persatuan kita akarnya datang dari sini," kata Kang Emil. 

Menurutnya, bahasa Indonesia adalah perekat utama bangsa Indonesia. Ia menambahkan ada banyak negara lain yang pecah karena tidak mempunyai bahasa nasional yang kuat. 

"Saya pikir generasi muda Indonesia wajib datang ke Penyengat untuk mempelajari sejarah bahasa Indonesia dari tempat kelahirannya," katanya.

Kang Emil juga mengapresiasi sentuhan Gubernur Ansar yang telah menata Pulau Penyengat menjadi sangat rapi dan indah dengan penataan jalan dan trotoar di Pulau Penyengat. 

"Fasilitasnya juara satu, saya kira salah satu desa paling rapi dan indah yang pernah saya kunjungi adalah pulau Penyengat," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raja Ali Haji

Ridwan Kamil juga mengunjungi dan menyempatkan salat di Masjid Sultan Riau. Berdasarkan sejarah lisan turun temurun, Masjid Sultan Riau dibangun dengan putih telur sebagai bahan campuran.

"Ini karya arsitektur yang luar biasa," katanya.

Emil juga masuk ke dalam Rumah Sotoh di pelataran Masjid Sultan Riau untuk melihat beragam koleksi Kutubkhanah Marhum Ahmadi yang dipamerkan dalam Pameran Kitab dan Mushaf Al Qur'an.

Dari Masjid Sultan Riau Ridwan Kamil berziarah ke makam Raja Ali Haji dan makam Raja Haji Fisabilillah. Raja Ali Haji adalah salah satu pujangga dan dijuluki Pahlawan Bahasa Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad  menyebut bahwa kunjungan Ridwan Kamil ke Pulau Penyengat sangat bermanfaat untuk penataan Pulau Penyengat.

"Kang Emil adalah salah satu Gubernur terbaik di Indonesia, teman diskusi yang baik untuk penataan Pulau Penyengat," kata Ansar. 

Sebelumnya Ansar Ahmad meminta kepada Wakil Persiden Ma'ruf Amin untuk membangun tugu bahasa di Pulau Penyengat.

Pulau Penyengat merupakan salah satu pulau di Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah Mulai dari Masjid Raya Sultan Riau, makam-makam para raja Kesultanan Riau Lingga, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.