Sukses

Profil Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Terseret Kasus Korupsi Timah

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis saat ini jadi sorotan publik setelah terseret kasus dugaan korupsi.

Liputan6.com, Bandung - Suami dari artis populer Sandra Dewi, Harvey Moeis saat ini jadi sorotan publik setelah terseret kasus dugaan korupsi. Harvey ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (27/3/2024).

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Kasus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 hingga 2022.

“Tim penyidik memandang telah cukup alat bukti sehingga kami tingkatkan statusnya sebagai tersangka, yaitu saudara HM selaku perpanjangan tangan dari PT RBT,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Agung Kuntadi mengutip dari Antara.

Kuntadi menuturkan sebelum ditetapkan sebagai tersangka penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi. Salah satu dari saksi tersebut adalah Harvey Moeis yang kemudian ditingkatkan statusnya sebagai tersangka.

Status Harvey Moeis sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang telah dimiliki oleh penyidik. Saat ini Harvey tengah ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Kuntadi juga menyebutkan bahwa Harvey Moeis menjadi tersangka ke-16 dalam kasus tersebut. Ia mengatakan bahwa Harvey menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT dan tercatat pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah yaitu MRPT pada 2018 hingga 2019.

“Sekitar tahun 2018 sampai dengan 2019, saudara HM menghubungi Direktur utama PT Timah, yaitu saudara MRPT alias RZ dalam rangka mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Harvey Moeis

Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka dalam perannya sebagai perpanjangan tangan atau pihak yang mewakili PT RBT. Ia bersama dengan eks Dirut PT Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT) alias RS disebut mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah untuk mendapatkan keuntungan.

Setelah beberapa kali melakukan pertemuan Harvey dan MRPT menyepakati kegiatan akomodasi pertambangan liar tersebut di cover dengan sewa menyewa peralatan processing peleburan timah.

Kemudian Harvey Moeis menghubungi beberapa smelter yaitu PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT Tlm untuk ikut serta dalam kegiatan yang dimaksud. Selanjutnya Hervey meminta pihak smelter untuk menyisihkan sebagian dari keuntungan yang dihasilkan.

Keuntungan yang diserahkan kepada Harvey tersebut dibuat seolah-olah sebagai dana corporate social responsibility (CSR) yang difasilitasi oleh Manager PT QSE, Helena Lim yang sehari sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Atas kegiatan tersebut, maka tersangka HM ini meminta para pihak smelter untuk menyisihkan sebagian dari keuntungannya, diserahkan kepada yang bersangkutan dengan cover pembayaran dana CSR yang dikirim para pengusaha smelter kepada HM melalui QSE yang difasilitasi oleh tersangka HLN,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung Agung Kuntadi.

Melalui perbuatannya tersebut Harvey Moeis disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

3 dari 4 halaman

Profil Harvey Moeis

Harvey Moeis merupakan suami dari artis ternama Sandra Dewi dan dikenal sebagai seorang pengusaha batu bara. Mengutip dari situs Asosiasi Pertambangan batubara Indonesia (APBI-ICMA) Harvey adalah presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Diketahui perusahaan pertambangan batu bara tersebut berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pada pasar domestik batubara PT MHU banyak digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik, dan perusahaan manufaktur.

Hasil batu bara dari PT MHU juga diekspor ke beberapa negara lain mulai dari Korea Selatan, India, China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Harvey Moeis lahir pada tanggal 20 November 1985 dari pasangan Hayong Moeis dan Irma Silviani. Meskipun telah menikahi seorang artis banyak publik tidak terlalu mengenal sosok Harvey karena ia dan sang istri tidak banyak mengumbar kehidupan pribadinya.

4 dari 4 halaman

Dikenal sebagai Suami Sandra Dewi

Sosok Harvey Moeis lebih dikenal sebagai suami dari artis Sandra Dewi dan publik sering menyebutnya sebagai sosok idaman. Harvey resmi menikahi Sandra Dewi pada November 2016 di Jakarta.

Mengutip dari beberapa sumber sebelum resmi menikah Harvey dan Sandra Dewi sudah menjalin hubungan selama tiga tahun. Momen resepsi pernikahan keduanya sempat jadi sorotan publik karena menggelar acara pernikahan di Disneyland Tokyo, Jepang.

Melalui pernikahannya Sandra Dewi dan Harvey Moeis telah dikaruniai dua orang anak laki-laki. Sandra Dewi juga kerap membagikan momen kebersamaannya dengan sang anak di media sosial pribadinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.