Sukses

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 Resmi Dibuka, Berikut Link dan Cara Daftarnya

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 telah resmi dibuka sejak Kamis (21/3/2024). Berikut link, cara daftar, dan ketentuannya.

Liputan6.com, Bandung - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 telah resmi dibuka sejak Kamis (21/3/2024). Pendaftaran ini bisa diikuti oleh seluruh calon mahasiswa salah satunya yang belum berhasil lolos SNBP 2024.

Halo, Calon Mahasiswa Indonesia! Pendaftaran jalur UTBK-SNPMB telah resmi dibuka pada tanggal 21 Maret 2024,” kata @_snpmbbppp.

Diketahui pendaftaran UTBK SNBT 2024 masih dibuka sampai Jumat, 5 April 2024 mendatang. Melalui pendaftaran UTBK SNBT para calon mahasiswa masih memiliki kesempatan untuk berkuliah ke Perguruan Tinggi Negeri.

Melansir dari situs resmi Unnes UTBK-SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Tes ini dilakukan berdasarkan tes yang berbasis komputer sehingga disebut dengan nama UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer.

Dalam tes ini para calon peserta mempunyai beberapa materi ujian seperti Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Peserta SNBT hanya diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali.

Para calon peserta tentunya harus mengetahui cara mendaftar dengan mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Melalui artikel ini terdapat beberapa cara untuk mendaftar UTBK-SNBT berikut dengan linknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Link dan Cara daftar UTBK SNBT 2024

Para calon peserta yang ingin mendaftar UTBK SNBT 2024 bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Peserta bisa melakukan login menggunakan email dan kata sandi yang terdaftar di akun SNPMB, lebih jelasnya berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Login di portal SNPMB

Peserta bisa melakukan login menggunakan akun SNPMB yang telah diregistrasi sebelumnya di portal SNPMB atau melalui link berikut https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

2. Lengkapi biodata

Setelah berhasil login peserta bisa melengkapi biodata dengan teliti dan akurat mulai dari mengunggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata seluruhnya. Bagi peserta tunanetra dapat mengunduh dan mengunggah kembali surat pernyataan tunanetra yang telah disediakan.

3. Memilih program studi

Peserta bisa memilih program studi yang diinginkan dan dalam SNBT 2024 peserta hanya bisa memilih maksimal 4 program studi dengan kriteria yang berlaku.

4. Mengunggah portofolio

Bagi calon peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio mengikuti ketentuan yang ada.

5. Pusat UTBK

Peserta bisa memilih pusat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang disarankan dekat tempat tinggal.

6. Pembayaran

Jika seluruh data sudah akurat calon peserta bisa melanjutkan pembayaran UTBK-SNBT 2024 dalam jangka waktu yang telah ditentukan menggunakan kode pembayaran yang ada sebesar Rp 200 ribu.

7. Mengunduh kartu peserta

Calon peserta bisa mengunduh kartu peserta UTBK-SNBT dan menyimpannya dengan baik karena akan dibutuhkan dan wajib dibawa ketika pelaksanaan ujian berlangsung dan daftar ulang SNBT 2024.

3 dari 4 halaman

Ketentuan Umum UTBK-SNBP 2024

Mengutip dari situs resmi Unnes berikut ini adalah ketentuan umum UTBK-SNBP 2024:

1. Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK 2024 sebanyak satu kali.

2. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN tahun 2024.

3. SNBT 2024 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh PTN yang dituju.

4. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mengikuti UTBK-SNBT 2024.

5. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mengikuti seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

6. Peserta yang dinyatakan lulus melalui Jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

4 dari 4 halaman

Persyaratan Peserta UTBK-SNBP 2024

Berikut ini adalah beberapa persyaratan peserta UTBK-SNBP 2024 yang harus diperhatikan:

1. Peserta harus memiliki Akun SNPMB siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di Portal SNPMB.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 pada tahun 2024 atau Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). Siswa yang belum mempunyai ijazah harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:

  • Identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN.
  • Pas foto terbaru (berwarna).
  • Tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah.
  • Stempel/Cap sekolah.

4. Siswa lulusan SMA/SMK/MA Sederajat tahun 2022 dan 2023 atau Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024)/

5. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.

7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

8. Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

9. Membayar biaya UTBK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.