Sukses

Vokalite, Lampu Penerangan dari SV Undip untuk Masyarakat Rembes

Para dosen Sekolah Vokasi Undip meneliti dan menciptakan Vokalite, lampu canggih hemat energi dan ramah lingkungan. Lampu-lampu tersebut diciptakan untuk masyarakat desa Rembes Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang.

Liputan6.com, Semarang - Inisiatif para dosen dari Jurusan Teknik Listrik Industri Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) digunakan untuk pengabdian masyarakat. Diluar rutinitas mengajar, para dosen ini  mampu menciptakan lampu buatan sendiri dan diberi nama "Vokalite".

Lampu-lampu itu kemudian didedikasikan untuk Dan menerangi desa Rembes, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang.

Menurut Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Arkhan Subari, ST MKom, diharapkan dengan penerangan tersebut bisa memicu kreativitas, produktivitas sehingga kualitas hidup meningkat.

"Sekarang lampu-lampu kami sudah menerangi jalan-jalan yang gelap di desa tersebut," katanya.

Ditambahkan bahwa para dosen mengembangkan lampu dengan teknologi canggih namun ramah lingkungan. Lampu-lampu ini tidak hanya memberikan cahaya yang terang.

"Tetapi juga hemat energi, yang sangat penting bagi masyarakat pedesaan," kata Arkhan Subari, ST, MKom, Kaprodi Sarjana Terapan Teknik Listrik Industri Sekolah Vokasi Undip ini.

Penduduk Desa Rembes menyambut baik inisiatif ini dan merasa terbantu dengan kehadiran lampu-lampu Vokalite. Mereka berterimakasih kepada dosen dan SV Undip.

Tim pengabdian masyarakat melihat Drs. Eko Ariyanto, MT dan Ir. Saiful Manan, MT. Kepala Desa Rembes Hj. Nur Arifah dan Kepala Dusun Kandangan Suyitno sangat mengapresiasi kepedulian dan karya nyata kampus Sekolah Vokasi Undip (melalui prodi Sarjana Terapan Teknik Listrik Industri) dalam pengabdian masyarakat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini