Sukses

Catat, 6 Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya yang Wajib Dicoba

Ketika berkunjung ke Tasikmalaya berikut ini adalah enam rekomendasi tempat kuliner yang wajib dicoba.

Liputan6.com, Bandung - Kota Tasikmalaya atau dikenal dengan nama Tasik adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini mempunyai julukan “Sang Mutiara dari Priangan Timur” dan terkenal sebagai jalur utama yang menghubungkan Kota Bandung dengan Surabaya.

Kota ini terdiri dari kota dan kabupaten seluas 2.708,81 km persegi dan berbatasan langsung dengan Majalengka dan Ciamis. Tasikmalaya juga dikenal dengan julukan “Delhi van Java” karena kontur sebagian besar wilayahnya adalah daerah perbukitan mirip dengan Delhi, India.

Tasikmalaya menjadi daerah yang memiliki tanah yang kaya dan subur serta mempunyai kelimpahan sumber daya air karena kondisi geografisnya yang dilalui oleh rantai gunung berapi di Pulau Jawa.

Kota Tasikmalaya juga mempunyai wisata alam yang populer mulai dari Gunung Galunggung, Tonjong Canyon, Curug Ciparay, dan masih banyak lagi. Banyak wisatawan dari kota-kota lain yang senang berkunjung ke Tasikmalaya.

Selain menyajikan wisata alam yang menarik tempat ini juga mempunyai wisata kuliner dengan makanan khas yang menggugah selera. Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah rangkuman 6 rekomendasi tempat makan yang wajib dikunjungi di Tasikmalaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya

1. T.O. Benhil 2.96

T.O Benhil 2.96 merupakan nama tempat makan khas Tasikmalaya yang sangat populer. Pasalnya, tempat makan ini menyajikan menu makanan khas nasi tutug oncom yang menggugah selera.

Wisatawan akan mencicipi pilihan lauk yang nikmat seperti mendoan dan sambal hijau yang berpadu dengan jenis lalapan. Nasi T.O Benhil 2.96 sudah berdiri sejak 1996 namun sempat tutup dan dibuka kembali pada tahun 2012.

Melansir dari ulasan Google T.O. Benhil 2.96 mempunyai rating 4.5 dari total 1.565 ulasan pengguna. Meskipun sederhana tempat makan ini populer dengan rasa nasinya yang khas dan nikmat.

Lokasi T.O. Benhil 2.96 ada di Jl. Dadaha Jl Petir, RT.04/RW.08, Cikalang, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 07.30 hingga 14.00.

2. Cilok Goang Golden

Cilok Goang adalah menu makanan khas yang menyajikan cilok dengan sambal goang yang nikmat. Rasa sambalnya yang sangat pedas menjadikan tempat ini cocok dikunjungi oleh para pecinta kuliner pedas.

Melansir dari Instagramnya Cilok Goang Golden sudah mempunyai tiga cabang di Tasikmalaya. Berikut ini adalah daftar alamat dari ketiga cabang tersebut yang bisa dikunjungi:

  • Golden 1 RiungAsih sma4: Jl. Riungkuntul No.24, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 20.00.
  • Golden Street Food BKR: Jl. BKR, Kahuripan, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 11.30 hingga 22.30.
  • Golden 3 Cipasung Sngprna: JL. Muktamar Cipasung, Singaparna, buka setiap hari pukul 11.00 hingga 05.00.
3 dari 4 halaman

Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya

3. Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal

Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal merupakan tempat makan bubur ayam khas Tasikmalaya yang sudah berdiri sejak 1969. Tempat makan ini terkenal dengan sajian bubur ayam gurih dan disajikan tanpa kuah.

Melansir dari ulasan Google tempat makan ini mendapatkan rating 4.3 dari total 1.006 ulasan pengguna. Menu makannya menyajikan topik bervariasi seperti irisan cakwe, daging ayam cincang, dan kerupuk yang memenuhi mangkok.

Lokasi Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal ada di Jl. R. Ikik Wiradikarta No.33, Tawangsari, Kec. Tawang, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 06.00 hingga 13.00 WIB.

4. Nasi Cikur Teh Rena/Utep

Nasi Cikur merupakan menu makanan nasi yang memiliki bumbu cikur atau kencur yang khas. Menu makanan ini memiliki rasa yang segar terutama disajikan dengan lauk pauk yang nikmat.

Salah satu tempat nasi cikur yang populer di Tasikmalaya adalah Nasi Cikur Teh Rena atau Utep. Tempat ini memiliki pilihan lauk yang bervariasi mulai dari ayam goreng, tahu, tempe, dan lain-lain.

Lokasi Nasi Cikur Teh Rena atau Utep ada di Jl. Panyerutan, Nagarawangi, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka pukul 14.00 hingga 21.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Kuliner Khas Tasikmalaya

5. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu khas Tasikmalaya terkenal dengan bumbu kacangnya yang pedas dengan campuran daun bawang yang menggugah selera. Salah satu tempat makan kupat tahu yang populer di Tasik adalah Kupat Tahu Mangunreja.

Tempat makan ini sudah berdiri sejak 1955 dan mempunyai bumbu kacang khas resep keluarganya. Melansir dari ulasan Google Kupat Tahu Mangunreja meraih rating 4.4 dari total 2.105 pengguna.

Lokasi Kupat Tahu Mangunreja ada di Mangunreja, Kec. Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

6. Es Sirop Bojong Ibu Momoh

Es Sirop Bojong Ibu Momoh merupakan wisata kuliner di Tasikmalaya yang menyajikan minuman segar yang terbuat dari aneka buah-buahan. Menu minuman populer di tempat ini adalah Es Sirop yang menggunakan resep Ibu Momoh.

Berdasarkan informasi dari Google tempat ini mempunyai rating 4.6 dari total 291 ulasan pengguna. Salah satu menu andalan di Es Sirop Bojong Ibu Momoh adalah sajian es campur durian.

Es Sirop Bojong Ibu Momoh berlokasi di Jl. Ampera Barat No.207, Panglayungan, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.