Sukses

Profil Ade Paloh, Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Vokalis band Sore Ade Paloh dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024).

Liputan6.com, Bandung - Kabar duka datang dari dunia musik Indonesia yaitu dari vokalis band Sore, Firza Amar Paloh atau akrab disapa Ade Paloh. Sang vokalis dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024) dan diumumkan langsung melalui media sosial resmi band Sore.

engkau akan hidup seribu tahun lagi, di hati kami, selamanya,” tulis @sorezeband.

Melalui unggahan yang sama dikabarkan bahwa almarhum akan dimakamkan pada sore hari ini di TPU Pondok Ranggon. Pihak band Sore juga meminta keikhlasan doa terutama dari teman-teman dan penggemar band Sore.

Beliau akan dimakamkan sore ini, di TPU Pondok Ranggon. Kami mohon keikhlasan doa dari teman-teman,” tuturnya.

Kabar duka Ade Paloh juga turut dibagikan oleh rekan-rekan dekatnya termasuk anggota dari band Sore. Salah satunya dikonfirmasi oleh manajer band Seringai Wendi Putranto yang mendapatkan kabar tersebut dari Awan Garnida pemain bass dan vokalis band Sore.

“Innalilahi wainna ilaihi rojiun. Telah wafat dengan tenang karena sakit pada hari ini Firza Amar Paloh (Ade Paloh), vokalis dan pencipta lagu SORE,” kata Wendi.

Saat ini belum ada informasi terkait penyakit apa yang menyebabkan Ade Paloh meninggal dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Ade Paloh

Mengutip dari beberapa sumber Ade Paloh mempunyai nama lengkap Firza Amar Paloh dan dikenal sebagai vokalis dari band Sore. Ade Paloh lahir pada tanggal 29 Maret 1976 dan dikabarkan meninggal dunia pada 19 Maret 2024.

Pria berusia 47 tahun ini membentuk sebuah band bernama Sore pada 2002 dan menciptakan banyak lagu untuk band tersebut. Kurang lebih selama 22 tahun Ade Paloh telah bergabung bersama band ini dengan personel Sore lainnya.

Diketahui band sore terdiri dari Awan Garinda, Reza Dwiputranto, Bemby Gusti, dan Ramondo Gascaro. Band ini juga mempunyai keunikan tersendiri karena semua anggotanya bermain musik dengan tangan kiri atau kidal.

Nama “Sore” untuk band mereka terpilih karena para personel mempunyai kebiasaan bangun Sore. Kemudian para personel juga sangat menyukai suasana sore hari dan nama tersebut lah yang terpilih untuk nama bandnya.

3 dari 4 halaman

Sempat Keluar dari Band

Ade Paloh sempat memutuskan untuk keluar dari band Sore pada tahun 2010 dengan alasan lelah dan ingin sendiri ketika bermusik. Ade juga menjelaskan saat itu keputusannya keluar tidak ada konflik dengan para personel Sore.

Namun keputusannya murni karena keinginannya sendiri dan mulai membuat proyek musik lain seperti Drs. F. Achmar dan Marsh Kids. Tiga tahun kemudian Ade Paloh kembali bermusik dengan band Sore.

Bersama Bemby Gusti dan Awan Garnida mereka kembali merilis album yang berisi kompilasi pada tahun 2013.

4 dari 4 halaman

Masuk Dunia Politik

Ade Paloh juga melangkahkan kakinya dengan berkarier selain di dunia musik yaitu dengan terjun ke dunia politik. Ade mendaftarkan diri sebagai Caleg dalam Pemilu 2024 lalu dan bergabung dengan Partai Nasdem untuk DPRD DKI Jakarta.

Nama Ade Paloh berada di nomor urut tiga untuk Dapil DKI Jakarta 4 yang meliputi Kecamatan Cakung, Pulogadung, dan Matraman. Melansir dari unggahan partai Nasdem Jakarta pihaknya juga memberikan kabar duka atas meninggalnya Ade Paloh.

Keluarga Besar Partai NasDem Turut Berduka Cita atas berpulangnya Kakak Firza Achmar Paloh (anggota DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM NasDem),” tulis @nasdem.jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.