Sukses

Banjir Besar Sumbar, 27 Orang Meninggal Dunia dan 5 Korban Hilang

Pesisir Selatan merupakan daerah paling terdampak banjir dan longsor besar kali ini.

Liputan6.com, Padang - Sebanyak 27 orang dinyatakan meninggal dunia dan 5 lainnya hilang akibat banjir dan longsor yang melanda sebagian wilayah Sumatera Barat pada Kamis (7/3/2024).

Dari total korban meninggal dunia, 24 di antaranya di Pesisir Selatan dan 3 korban meninggal lainnya di Kabupaten Padang Pariaman. Sementara, 5 korban yang masih hilang juga di Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan merupakan daerah paling terdampak banjir dan longsor besar kali ini. Data BPBD Pesisir Selatan, per 12 Maret 2024 sebanyak 74.934 jiwa menjadi korban bencana ini di Pesisir Selatan.

Kemudian 529 juga dievakuasi untuk mengungsi. Namun, warga yang mengungsi dilaporkan sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kepala SAR Padang, Abdul Malik menyampaikan saat ini pencarian masih terus dilakukan terhadap korban yang masih hilang di Pesisir Selatan.

"Hari ini kita temukan satu korban, sudah dievakuasi, besok pencarian dilanjutkan mencari 5 orang lainnya," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (12/3/2024).

Ia menyebut lokasi pencarian dibagi di tiga lokasi, yakni longsor di Kecamatan Sutera, kemudian Kecamatan Koto XI Tarusan lokasi mobil terseret arus sungai, dan kemudian di Kecamatan Bayang terdapat warga yang terseret arus.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menetapkan masa tanggap darurat bencana banjir dan longsor selama 14 hari sejak 8 Maret 2024. Data BPBD, kerugian akibat bencana ini di Pesisir Selatan mencapai lebih dari Rp268 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.