Sukses

Mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Membantu Isi e-SPT Pajak

Para mahasiswa jurusan akuntansi perpajakan Sekolah Vokasi Undip diterjunkan untuk membantu masyarakat mengisi SPT pajak.

Liputan6.com, Semarang - Sekolah Vokasi Undip menggelar opening ceremony dan pelaksanaan layanan perdana pengisian e-SPT bagi dosen, tenaga kependidikan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Semarang. Acara sekaligus peresmian tim relawan pajak.

Melibatkan 70 mahasiswa Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi Undip menjadi relawan dan siap melayani masyarakat, pelaku UMKM termasuk civitas akademika yang membutuhkan bantuan dalam pengisian e-SPT, sebuah aplikasi Formulir Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) elektronik bagi wajib pajak.

Pelayanan e-SPT oleh Sekolah Vokasi Undip sendiri dibuka di sejumlah lokasi, yang pertama di Contact Center Lantai 1 Gedung Dekanat Sekolah Vokasi Undip, dan Gedung Prof Sudarto, kampus Tembalang yang ketiganya di Ruang Inovatif Bussines Center kampus Undip Pleburan Jl. Erlangga Tengah No.17 Semarang dan pelayanan berlangsung 8 sampai 28 Maret 2024.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi, saat membuka acara mengatakan kegiatan ini bagian dari semangat para mahasiswa Sekolah Vokasi Undip untuk membantu masyarakat, termasuk pelaku UMKM sekaligus kesempatan mengasah kemampuan soft skill.

''Ayo kita buktikan, kalau kalian memang bisa menghadapi dan melayani bermacam-macam orang. Saya juga berpesan, untuk menjaga rahasia data yang dilayani,'' katanya.

Saat ini kampus mendorong semua kegiatan mahasiswa di luar kampus masuk dalam Sistem Kredit Semester (SKS), termasuk menjadi relawan pajak ini. Dalam aturan perkuliahan selama empat bulan biasanya ada 20 SKS yang harus ditempuh, kalau dibagi dalam satu bulan dalam kegiatan ini berarti ada 5 SKS.

Menurut Prof Budiyono, kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat untuk membayar pajak. Sebab, dengan membayar pajak merupakan salah satu bentuk nasionalisme kita untuk mendukung negara.

Sementara itu Ketua Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan, Drs Dul Muid MSi Akt, mengatakan jika keterlibatan mahasiswa sebagai relawan diharapkan dapat membantu masyarakat, termasuk para pelaku UMKM. Sebab, tidak semua orang bisa mengisi e-SPT.

''Kami juga akan mengembangkan kerjasama dengan sejumlah pihak. Termasuk dengan pemerintah daerah, juga untuk karyawannya, dalam membantu pengisian e-SPT Pajak," katanya.

Sementara itu, Ketua Konsultan Pajak Indonesia Pengurus Daerah (Pengda) Jateng dan DIY, M Slamet Umbaran SE MAk CA ACPA BKP menyambut positif dan berterimakasih kepada Sekolah Vokasi Undip yang telah menerjunkan mahasiwanya untuk menjadi relawan dalam pengisian e-SPT Pajak. Apalagi momentumnya pas, saat ini terkait pelaporan SPT.

"Ini sangat bagus bagi mahasiswa, dengan melihat realita yang ada di lapangan dan sebagai pembekalan mereka saat bekerja nantinya," katanya.

Hadir dalam acara tersebut para Wakil Dekan, Manager Tata Usaha, para Supervisor, para Ketua Departemen, para Kaprodi, seluruh dosen, tendik dan Mahasiswa Vocational Tax Corner Sekolah Vokasi Undip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.