Sukses

Buruan Daftar, Ada Sayembara Desain Rusun Perkotaan Berhadiah Ratusan Juta

Sayembara ini dalam rangka mendukung program pengembangan perumahan dan memenuhi kebutuhan perumahan di kawasan kota atau ibu kota provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - JOTUN, perusahaan cat dan pelapis bekerjasama dengan Direktorat Perencanaan Teknis Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan menyelenggarakan Sayembara Desain Purwa Rupa Rumah Susun Berkepadatan Tinggi di Indonesia.

Sayembara ini dalam rangka mendukung program pengembangan perumahan dan memenuhi kebutuhan perumahan di kawasan kota atau ibu kota provinsi.

Dari data yang ada, hingga akhir 2023, Indonesia masih mengalami backlog (krisis perumahan) sebanyak lebih dari 12 juta unit. Makin terbatasnya lahan di kota-kota besar dan faktor seperti inflasi membuat harga rumah makin tidak terjangkau oleh kalangan menengah kebawah.

Sehingga hunian vertikal menjadi alternatif untuk mengatasi krisis hunian di kota yang padat penduduk. Tahun 2023, Kementerian PUPR melaporkan capaian program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah pada 2015 mencapai lebih dari 1,2 juta unit.

"JOTUN menginisiasi kegiatan sayembara yang diharapkan dapat memperoleh ide dan gagasan desain yang inovatif untuk rumah susun 6 lantai yang efektif, sekaligus menciptakan suasana yang tepat melalui warna dan tekstur untuk ruang tinggal yang atraktif dan nyaman," kata General Sales Manager Decorative Project PT Jotun Indonesia, ujar Juwita.

Peserta diharapkan dapat merumuskan formulasi dan program ruang yang efektif dan menarik, dengan mempertimbangkan aspek efisiensi, biaya pembangunan, serta suasana yang nyaman melalui penggunaan warna dan tekstur yang tepat.

Selain itu, penilaian juga akan mencakup konteks keterhubungan bangunan rumah susun dengan lingkungan sekitar dan interaksi sosial dengan bangunan lain, serta keterhubungan bangunan rumah susun dengan sistem transportasi umum/daring.

Sayembara ini melibatkan para juri yang terdiri dari para ahli di bidang arsitektur dan desain, antara lain Achmad Noerzaman IAI, Principal of Arkonin, perusahaan konsultan desain dan engineering Soko Setyo, Design & Color Consultant Jotun Indonesia Yuri Hermawan Prasetyo, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Teknis Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan dan Ar. Larasati Wijaya, Wakil Sekretaris Jenderal II, Ikatan Arsitek Indonesia.

Pendaftaran dan pengumpulan karya dibuka hingga 31 Maret 2024, dengan penjurian tertutup dan terbuka yang akan dilaksanakan pada April 2024.

JOTUN menyiapkan hadiah total senilai Rp164.000.000 yang akan diberikan kepada 15 pemenang, dengan hadiah utama sebesar Rp75.000.000.

"Tentunya harapan kami melalui sayembara ini semangat dalam berkarya sekaligus membantu pemerintah dalam mewujudkan rumah susun yang terjangkau, baik dari sisi harga maupun lokasi," ia menambahkan. pungkas Juwita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini