Sukses

Meski Kecil, Ketumbar Memiliki Segudang Manfaat bagi Tubuh

Rempah-rempah yang satu ini memiliki berbagai manfaat selain digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu dapur.

Liputan6.com, Padang - Ketumbar, atau Coriandrum sativum, adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan di seluruh dunia.

Selain memberikan cita rasa yang unik dan aroma yang harum pada hidangan, ketumbar juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Rempah-rempah yang satu ini memiliki berbagai manfaat selain digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu dapur.

Ketumbar dianggap memiliki khastiat yang luar biasa, seperti mengobati flu dan batuk hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Dikutip dari kemkes.go.id, Coriandrum sativum atau ketumbar memiliki beberapa kandungan di dalamnya, seperti antioksidan, vitamin C, vitamin K, protein, kalsium, fosfor, potasium, dan tiamin.

Salah satu kandungan biji ketumbar adalah senyawa flavonoid yang memiliki efek menguntungkan sebagai antihipertensi dan deuretik.

"Sebagai obat dalam dapat diracik menjadi minuman berkhasiat yang dapat di konsumsi setiap hari, sedangkan sebagai obat luar dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala, dengan cara dioles ke bagian yang sakit," dikutip dari kemkes.go.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Ketumbar untuk Wanita

Beberapa manfaat dari ketumbar yang sudah banyak diketahui di antaranya, mampu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk kesehatan jantung, melindungi kesehatan otak, meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus, melawan infeksi dan bermanfaat juga untuk kesehatan kulit dan rambut.

Untuk wanita, khasiat ketumbar ternyata sangat beragam, di antaranya adalah memperlancar siklus menstruasi dan mengatasi masalah kesuburan, seperti PCOS.

Kemudian mencegah anemia, mencegah penuaan dini pada kulit, membuat rambut lebih bercahaya dan lembut, mencegah dan memperlambat pertumbuhan kanker payudara, meredakan kecemasan dan menurunkan kolesterol, serta menurunkan gula darah.

Mengonsumsi ketumbar, bisa menggunakannya dengan dua macam cara. Cara pertama dengan memasukkan ketumbar ke dalam makanan. Cara kedua adalah membuat teh ketumbar.

Dengan semakin banyaknya orang yang beralih ke tanaman herbal maka ketumbar bisa menjadi salah satu pilihan untuk kondisi tertentu jika digunakan dengan takaran yang sesuai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.