Sukses

Deretan Destinasi Wisata di Tiku, Wilayah Pesisir Kabupaten Agam

Jika Anda berkunjung ke Tiku, Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang dikelilingi pohon cemara.

Liputan6.com, Padang - Meskipun Tiku mungkin belum terkenal seperti tempat-tempat wisata lainnya di Sumatera Barat, tetapi daerah ini memiliki pesona alam yang memikat serta beragam atraksi yang layak untuk dikunjungi.

Secara geografis, Tiku berada di pantai barat Sumatra, yakni di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dahulunya, Tiku masuk ke dalam wilayah Kabupaten Padangpariaman.

Dilansir dari website agamkab.go.id, Tiku dahulunya menjadi pusat berlabuhnya kapal-kapal orang Eropa saat mencari rempah-rempah ke Sumatera Barat.

Jika anda berkunjung ke Tiku, Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang dikelilingi pohon cemara. Selain itu, Tiku juga memiliki dua buah pulau yakni pulau tangah dan pulau ujung.

Berikut 3 destinasi wisata yang ada di Tiku:

1. Pantai Pasia Tiku

Pantai Pasia Tiku merupakan salah satu objek wisata yang ada di Tiku. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai dengan ciri khas pohon cemara yang rindang.

Tidak hanya itu saja, deburan ombak dan indahnya sunset dapat Anda saksikan di bibir-bibir pantai.

Di seberang pantai Tiku juga terdapat dua buah pulau, yakni pulau ujuang dan pulau tangah. Untuk ke sana, Anda dapat menyewa perahu nelayan. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan jernihnya air dan pasir putihnya.

2. Laguna Tiku atau Muaro Mati

Objek wisata selanjutnya yang dapat anda nikmati di Tiku ialah Laguna Tiku atau Muaro Mati. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan danau air asin alami di dekat pantai. Selain itu, Laguna Tiku memiliki tempat spot foto yang menarik bagi Anda yang suka dengan fotografi.

Pada objek wisata Laguna Tiku terdapat potongan kayu bekas tebangan warga yang diletakkan tepat pada tepian bibir laguna. Saat senja menjelang, pemandangan sunset akan terlihat indah saat Anda berada di sana.

3. Pantai Torpedo

Objek wisata ini berada di Ujuang Labuang, Nagari Tiku V Jorong. Objek wisata ini menyajikan hamparan pasir putih yang indah.

Di sana juga tersedia beberapa spot foto yang menarik. Tentunya, bagi pecinta fotografi akan merasa senang, sembari menikmati keindahan pantai, juga bisa memotret keindahan pantainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.