Sukses

Pembangunan di DIY Bakal Mengacu pada Inisiatif Infrastruktur Hijau yang Berkelanjutan

Pemerintah Daerah DIY berupaya mengembangkan infrastruktur dan transportasi yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat, tetapi juga memperhatikan aspek keberlanjutan dan lingkungan.

Liputan6.com, Yogyakarta Pemerintah daerah (Pemda) DIY memiliki komitmen dalam pengembangan infrastruktur dengan pendekatan ramah lingkungan atau kebijakan Green Infrastructure Initiative (GII). Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono, membacakan sambutan Gubernur DIY saat menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI  di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Ia menyampaikan, melalui GII, Pemda DIY akan menerapkan konsep pembangunan infrastruktur berkelanjutan, khususnya dalam pengembangan kawasan selatan dan kawasan perkotaan di DIY. 

“Selain itu, kami juga fokus pada pengembangan infrastruktur untuk penanganan sampah, penyediaan akses air minum yang layak dan aman, serta pengembangan sistem transportasi berkelanjutan. Kami percaya, konsep pembangunan ramah lingkungan ini selaras dengan filosofi yang kami anut yaitu Hamemayu Hayuning Bawana, Sangkan Paraning Dumadi, dan Manunggaling Kawula Gusti, yang mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga alam dan keseimbangan makhluk hidup di bumi,” ungkap Beny pada Senin, (4/3/2024).

Melalui kebijakan GII ini Pemda DIY berharap, Komisi V DPR RI dapat terus mendukung langkah pembangunan yang berkelanjutan di DIY. Mengingat dukungan dari pihak legislatif sangat diperlukan untuk memperkuat dasar hukum dan kebijakan yang diperlukan untuk implementasi program-program pembangunan berkelanjutan ini.

“Kami yakin, dengan kerja sama yang erat antara Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Komisi V DPR RI, serta semua pihak yang terlibat, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik, tidak hanya untuk generasi saat ini tetapi juga untuk generasi yang akan datang,” ujar Beny.

Dalam kunjungan ke Yogyakarta ini, Anggota Komisi V DPR RI Sudewo menjelaskan, jika pembangunan infrastruktur menjadi tulang punggung kemajuan suatu daerah. Menurutnya infrastruktur yang baik menjadi kunci dalam membangun ekonomi yang kuat, peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan serta kualitas hidup masyarakat.

“Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memperjuangkan dan menerima usulan program dari masyarakat demi pemerataan pembangunan. Saya berharap kepada seluruh mitra kerja Komisi V DPR RI agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah provinsi DIY dalam melaksanakan program kegiatan di tahun 2024,” kata Sudewo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini