Sukses

Jangan Sepelekan, Ternyata Lengkuas Punya Banyak Khasiat bagi Kesehatan

Selain memberikan aroma dan rasa unik pada masakan, lengkuas juga dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Padang - Lengkuas, juga dikenal dengan nama latin Alpinia galanga, adalah tanaman yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Selain memberikan aroma dan rasa unik pada masakan, lengkuas juga dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan, melawan berbagai jenis kanker, bahkan dapat meningkatkan kesuburan pria.

Berikut beberapa manfaat lengkuas bagi kesetahan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Menjaga kadar gula darah dan kolestrol

Lengkuas mengandung polifenol yang merupakan zat antioksidan dan diyakini dapat menurunkan kadar gula darah dan kolestrol.

2. Membantu menjaga tubuh dari paparan radikal bebas

Akar dari lengkuas mengandung sumber antioksidan yang melimpah. Senyawa ini digunakan untuk membantu melawan penyakit dan melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengurangi peradangan

Selain dapat melawan penyakit dan melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, akar dari lengkuas dipercaya mampu mengurangi peradangan penyebab penyakit lantaran mengandung HMP.

4. Meningkatkan Pencernaan

Lengkuas telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu pencernaan. Kandungan zat aktif di dalamnya dapat merangsang produksi air liur, empedu, dan enzim pencernaan, sehingga membantu memecah makanan dengan lebih efisien dan mencegah gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, dan sembelit.

5. Melindungi dari jenis kanker tertentu

Studi tabung menjelaskan, senyawa aktif dalam akar lengkuas dikenal sebagi galangin, mampu membunuh sel kanker atau menceah penyebarannya.

Selain itu, ada studi juga yang menunjukan bahwa lengkuas mampu melawan sel kanker payudara, kulit, hati dan saluran empedu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.