Sukses

Mitos Bunga Melati yang Kerap Dikatkan dengan Hal Mistis

Bunga melati juga kerap menjadi hiasan untuk mempercantik pengantin yang menikah dengan adat Jawa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Warna putih dan wanginya yang semerbak membuat bunga melati menjadi salah satu bunga favorit banyak orang. Namun, di balik keindahannya, bunga melati juga kerap dikaitkan dengan hal mistis.

Beberapa orang menyebut bunga melati dapat mengundang roh halus. Bagi masyarakat Jawa, menanam bunga melati di depan rumah konon bisa mendatangkan makhluk halus.

Bunga melati juga kerap menjadi hiasan untuk mempercantik pengantin yang menikah dengan adat Jawa. Pengantin pria atau wanita biasanya menggunakan riasan dengan roncean bunga melati.

Hal ini dikaitkan dengan simbol bunga melati yang konon memiliki makna kesucian, cinta abadi, dan keanggunan. Selain sebagai hiasan, penggunaan bunga melati dalam pernikahan adat Jawa pun juga tak lepas dari berbagai mitos.

Beredar mitos bahwa siapa pun yang mengambil bunga melati pengantin, bisa cepat mendapat jodoh. Mitos lainnya adalah tentang bunga melati yang layu biasanya dikaitkan dengan si pengantin yang sudah tidak gadis.

Pada kenyataannya, bunya melati bisa saja layu karena suhu ruangan yang panas atau bahkan karena oksidasi oleh udara. Hal ini normal terjadi karena bunga melati yang digunakan adalah bunga asli.

Selain itu, ada juga mitos jika seorang istri menaruh bunga melati di kasur, maka suaminya akan direbut orang lain. Mitos lain mengatakan, siapa saja yang menggunakan wewangian beraroma bunga melati, maka akan diikuti jin.

Mitos-mitos ini telah beredar luas di masyarakat dan dipercaya secara turun-temurun. Sejauh ini, belum ada penjelasan ilmiah tentang mitos tersebut, sehingga kebenaran dan keakuratannya pun masih banyak diperdebatkan.

Meski kental dengan mitos, bunga yasmin (jasmine) ini juga memiliki sejumlah khasiat. Konon, bunga melati bisa membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

Terlepas dari segala mitos bunga melati, menanam bunga ini di depan rumah bisa menambah aroma harum dan keindahan eksterior. Dengan demikian, rumah pun memiliki pengharum alami.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.