Sukses

Menjelajahi Keindahan Alam Tersembunyi di Telaga Nirwana

Telaga Nirwana merupakan salah satu wisata alam yang menyajikan keindahan alam mempesona di Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Bandung - Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak wisata alam mempesona yang cocok dikunjungi oleh para pecinta alam. Salah satunya berwisata di Pulau Rote yang memiliki banyak destinasi wisata dan yang menjadi favorit adalah destinasi Telaga Nirwana.

Telaga Nirwana dijuluki sebagai salah satu surga tersembunyi di Rote karena keindahannya. Tempat ini juga mempunyai julukan lain yaitu “Si Cantik dari Pulau Rote” karena warna airnya yang biru cantik berpadu dengan pepohonan hijau di sekitarnya.

Melansir dari Balai Karantina Pertanian Kupang Pulau Rote sendiri dikenal sebagai pulau paling selatan Indonesia. Pulau ini memiliki banyak spot indah yang instagramable dan menjadi destinasi wisata alam yang memberikan rasa tenang dengan pemandangan indah.

Sementara itu, Telaga Nirwana sendiri dikenal sebagai telaga yang memiliki panorama indah bagaikan di surga. Lokasi Telaga Nirwana ada di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pengunjung yang memiliki hobi berenang bisa menjadikan Telaga Nirawan sebagai destinasi menarik untuk mendapatkan pengalaman berenang di alam terbuka. Selain itu perairan di Telaga Nirwana juga termasuk tenang dengan air yang jernih.

Bahkan, dengan air yang sangat jernih tersebut, pengunjung bisa melihat bagaimana dasar telaga tersebut. Telaga Nirwana juga berlokasi kurang lebih 200 meter dari bibir Pantai Buedale dan tidak jauh dari Pantai Oeseli sehingga tempatnya termasuk strategis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengunjungi Telaga Nirwana?

Mengutip dari Balai Karantina Pertanian Kupang Telaga Nirwana berlokasi di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pengunjung bisa ke Teluk Nirwana dengan mengunjungi Desa Oeseli yang memiliki pemandangan alam indah dan eksotik. Desa tersebut dapat ditempuh sejauh 29 kilometer dari Pelabuhan Baa, tempat Karantina Pertanian Wilayah Kerja Rote atau sekitar 35 kilometer dari Kota Baa.

Kemudian pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu nelayan lokal dari bibir pantai Buadale. Kemudian menjelajahinya kurang lebih 200 meter dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Telaga Nirwana juga tidak jauh dari Pantai Oeseli dan bisa dikunjungi menggunakan perahu dalam beberapa menit. Meskipun harus melalui perjalanan yang panjang tetapi seluruh perjalanan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang memesona.

3 dari 4 halaman

Aktivitas di Telaga Nirwana

Telaga Nirwana menjadi destinasi wisata alam yang indah karena airnya yang sangat jernih dan dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun. Telaga ini juga memberikan suasana yang tenang dan damai sehingga cocok untuk menjadi destinasi wisata para pecinta alam.

Melansir dari beberapa sumber ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Telaga Nirwana berikut ini di antaranya:

1. Berenang

Telaga Nirwana bisa menjadi destinasi favorit wisatawan yang gemar berenang di alam terbuka. Pasalnya tempat ini memiliki air jernih yang mempesona dan bahkan dasar telaganya bisa terlihat sangat jelas.

Aktivitas berenang di Telaga Nirwana bisa memberikan ketenangan atau relaksasi terutama untuk wisatawan yang lama hidup di tengah-tengah ramainya kota. Untuk berenang di Telaga Nirwana pastikan kamu memang sudah mahir berenang terutama di alam terbuka.

2. Bermain Kayak

Aktivitas kedua yang sangat populer dilakukan di Telaga Nirwana adalah bermain kayak di sekitar Telaga. Para wisatawan bisa menghabiskan waktu melihat keindahan alam sekitar atau melihat jernihnya air dari atas kayak.

Wisatawan juga bisa berfoto di atas kayak atau menggunakan drone untuk mengabadikan momen memesona tersebut dari ketinggian.

4 dari 4 halaman

Aktivitas di Telaga Nirwana

3. Paddling

Paddling merupakan salah satu olahraga yang berasal dari Hawaii yang cocok untuk dilakukan di sekitar Telaga Nirwana. Pasalnya olahraga ini memadukan dua alat yaitu dayung dan papan selancar.

Aktivitas ini tentunya bisa menjadi aktivitas menarik untuk menyisir Telaga Nirwana atau menikmati keindahan sekitar telaga dari atas Paddling. Anda juga bisa mengabadikan momen cantik ketika melakukan paddling menggunakan drone.

4. Trekking

Melansir dari Tripadvisor salah satu pengujung menuturkan bahwa wisatawan bisa melakukan trekking untuk melihat telaga dari tempat yang lebih tinggi. Aktivitas ini tentunya sangat disukai oleh pengunjung yang hobi trekking.

Selain itu, pengunjung bisa berfoto dari ketinggian tersebut dengan pemandangan Telaga Nirwana yang jernih dengan hutan tropis di sekitarnya. Wisatawan yang melakukan trakking juga bisa menikmati pepohonan hijau rindang yang tumbuh dengan subur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini