Sukses

Daftar Pemain Timnas 3x3 Basket Indonesia di FIBA 3x3 Asia Cup 2024

Pada ajang ini, Timnas Basket 3x3 Indonesia rata-rata diperkuat oleh pemain muda.

Liputan6.com, Yogyakarta - Timnas Basket Indonesia mulai mempersiapkan diri untuk berlaga di FIBA 3x3 Asia Cup 2024. Ajang yang digelar di Singapura dipastikan bakal berlangsung pada 27-31 Maret 2024.

Untuk meraih hasil maksimal, PP Perbasi mulai membentuk tim 3x3 untuk kategori putra dan putri. Tim putra diisi oleh Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk kategori putri, Tim Indonesia akan diperkuat Jesslyn Angelique Aritonang dari Jawa Timur, Adelaide Callista Wongsohardjo (GMC Cirebon), Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon), Tasya Hery Saputera (CLS Surabaya), Angelica Jennifer Chandra (Mataram Yogyakarta), dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol (Surabaya Fever).

Di ajang FIBA Asia Cup 2024, baik tim putra maupun putri Indonesia akan diarsiteki oleh Fandi Andika Ramadhani. Pelatih yang dipanggil Rama itu sebelumnya merupakan nahkoda Timnas 3X3 Putra di SEA Games 2023 Kamboja.

Kali ini, Rama akan didampingi Dwi Prasetiyono yang menjabat asisten pelatih bagian strength and conditioning. Kemudian Rizky Julian Rifai sebagai Manajer Operasional.

"Kami melakukan persiapan mulai sekarang dengan harapan tim ini bisa memberikan hasil terbaik di Singapura nanti," ungkap Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Selasa (20/2/2024).

Pada ajang ini, Timnas Basket 3x3 Indonesia rata-rata diperkuat oleh pemain muda. Nirmala Dewi menjelaskan, keputusan ini diambil lantaran para pemain yang saat ini tergabung masuk dalam program jangka panjang PP Perbasi untuk regenerasi pemain tim nasional.

Pada ajang internasional sebelumnya, Indonesia telah banyak memainkan pemain muda pada nomor 5x5. Kini giliran 3x3 yang akan menjadi sasaran program regenerasi pemain timnas.

Selain itu, pemain-pemain muda ini diharapkan mampu membuka peluang untuk membawa Indonesia lolos ke ajang Olimpiade 2028 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efisiensi

Keputusan PP Perbasi menunjuk satu pelatih untuk menangani dua tim sekaligus menuai banyak sorotan. Fokus akan menjadi isu utama apakah sang pelatih dapat menangani dua tim dalam ajang yang sama sekaligus atau tidak. Apalagi target PP Perbasi adalah membina para pemain muda untuk tampil di Olimpiade 2028.

Manajer Operasional Rizky Julian Rifai menuturkan, keputusan untuk memakai satu pelatih di dua timnas ini adalah pertimbangan efisiensi. Mengingat, kejuaraan ini diadakan dalam satu tempat dan pelaksanaannya bersamaan.

“Alasan efisiensi menjadi pertimbangan kami dalam menentukan komposisi pelatih. Dengan keputusan ini, kami juga ingin memaksimalkan waktu persiapan yang ada. Sebab, jika bicara ideal, tentu sebulan persiapan tentu bukan waktu ideal. Tapi kita siasati ketidakidealan itu dengan cara ini,” ungkap Rizky.

Ia melanjutkan, persiapan Timnas 3X3 ini untuk jangka panjang. Sehingga target utamanya adalah memberikan jam terbang bagi para pemain muda yang saat ini dinilai memiliki potensi.

Rizky berharap ke depan 3x3 bisa bicara banyak di level internasional, ketika para pemain telah tumbuh dalam jangka empat tahun mendatang.

Daftar pemain Timnas 3x3 Indonesia

 

Putra

Serigne Modou Kane

Erick Ibrahim Junior (Dewa United)

Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan)

Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights)

Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah)

Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan

 

Putri

Jesslyn Angelique Aritonang dari Jawa Timur

Adelaide Callista Wongsohardjo (GMC Cirebon)

Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon)

Tasya Hery Saputera (CLS Surabaya)

Angelica Jennifer Chandra (Mataram Yogyakarta)

Lea Elvensia Wolobubo Kahol (Surabaya Fever)

 

Pelatih

Fandi Andika Ramadhani

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini