Sukses

Mengenal Desa Wisata Grogol, Berikut dengan Aktivitas Serunya

Desa Wisata Grogol merupakan destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, rekan kantor, atau kelompok lainnya. Tempat ini tidak hanya menyajikan aktivitas outbond yang seru tetapi juga pengalaman budaya yang menarik.

Liputan6.com, Bandung - Berlibur ke desa wisata bisa menjadi salah satu pilihan berwisata dengan suasana yang berbeda. Misalnya saja berkunjung ke Desa Wisata Grogol yang ada di kawasan Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat wisata ini menyajikan pengalaman menarik mulai dari wisata budaya, kuliner, edukasi, alam, dan masih banyak lagi. Melansir dari situs resminya Desa Wisata Grogol tempat wisata ini awalnya bernama Padukuhan Grogol.

Kemudian desa ini dikukuhkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Yogyakarta menjadi desa budaya pada 2001. Selain itu mayoritas warga di Padukuhan Grogol dikenal sebagai pelaku budaya dan memiliki sanggar budaya.

Sanggar budaya tersebut kerap menggelar sebuah acara budaya dan awalnya hanya berdampak pada pelaku budaya saja. Sehingga dianggap tidak dapat mendongkrak perekonomian masyarakat umum secara merata.

Warga lokal pun awalnya hanya mengandalkan perekonomian melalui bertani di sawah dengan lahan yang semakin hari semakin berkurang. Sampai akhirnya beberapa tokoh masyarakat mulai menginisiasi sebuah kegiatan yang tidak hanya acara saja.

Mereka memperhatikan adanya kegiatan berkelanjutan yang tidak hanya berfokus pada sektor budaya tetapi juga sektor wisata. Kemudian pada tahun 2010 mulai terbentuk susunan pengurus pengelola Desa Wisata Grogol.

Desa ini pun akhirnya resmi berdiri dan dikukuhkan pada tahun 2012 dan memiliki sejumlah program kegiatan menarik yang berfokus pada sejumlah sektor termasuk budaya, pariwisata, dan sumber daya alamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alamat dan Jam Buka Desa Wisata Grogol

Melansir dari beberapa sumber Desa Wisata Grogol berlokasi di Grogol, Kadipiro, Margodadi, Kec. Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Sementara itu, mengutip dari media sosial Instagramnya Desa Wisata Grogol bisa dikunjungi perorangan atau untuk kelompok. Misalnya, datang untuk melakukan makrab (malam akrab) atau berkemah.

Tempat ini bisa dipesan secara online melalui kontak resmi dari Desa Wisata Grogol dan terdapat sejumlah penginapan yang bisa disewa jika ingin berlibur lebih lama. Selain itu terdapat aktivitas menarik di Desa Wisata Grogol yang cocok untuk liburan keluarga atau liburan edukatif.

3 dari 4 halaman

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Grogol

Berikut ini adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika mengunjungi Desa Wisata Grogol:

1. Menikmati alam sekitar

Desa Wisata Grogol memiliki pemandangan alam yang indah dan masih asri sehingga cocok untuk dikunjungi sebagai tempat menikmati alam. Tempatnya yang jauh dari perkotaan dapat membawa pengunjung untuk melihat area persawahan hijau dengan aliran sungai yang jernih.

Selain itu wisatawan bisa menjelajahi desa untuk menenangkan diri atau bersantai menikmati pemandangan alam.

2. Belajar kesenian tradisional

Tempat wisata ini juga memperkenalkan sejumlah kesenian hingga budaya tradisional Indonesia. Sehingga pengunjung mendapatkan pengetahuan terkait budaya-budaya yang ada di Desa Grogol.

Salah satu kesenian yang diperkenalkan di antaranya kesenian dari gerabah, teknik melukis batik, hingga membuat handycraft yang berasal dari bahan dasar bambu, hingga kerajinan dan kesenian lainnya yang menarik.

4 dari 4 halaman

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Grogol

3. Pertunjukan seni

Selain mempelajari kesenian tradisional dan membuat barang-barang menarik menggunakan bahan tradisional. Desa Grogol juga menampilkan pertunjukan seni tradisional Indonesia yang bisa menghibur wisatawan.

Misalnya menampilkan jemparingan, tatah sungging dan wayang kulit, permainan gamelan, pertunjukan seni tradisi, dan masih banyak lagi.

4. Outbond

Aktivitas menarik yang bisa dirasakan di Desa Wisata Grogol adalah melakukan kegiatan outbond. Tempat ini menyajikan sejumlah spot outbond menarik yang bisa diikuti baik oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Sehingga kegiatan outbond di desa ini sangat membantu kedekatan kelompok baik untuk keluarga, kantor, atau sekolah. Selain itu rombongan bisa melakukan aktivitas tracking untuk menjelajahi Gunung Ampon perbukitan indah yang ada di Desa Wisata Grogol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini