Sukses

Songsong IKN, PAMA BPOP Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Melalui kerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, PT PAMA BPOP membantu Pemprov Kaltim untuk terus mempersiapkan tenaga kerja terampil menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 PT Pamapersada Nusantara Distrik Balikpapan Operation (PAMA BPOP) memberikan kontribusi penting kepada bidang peningkatan sumber daya manusia di Kaltim. Melalui kerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim, PT PAMA BPOP membantu Pemprov Kaltim untuk terus mempersiapkan tenaga kerja terampil menyongsong pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan rutin melaksanakan program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Liputan6.com, Balikpapan - “Tentu apa yang dilakukan perusahaan merupakan bentuk kepedulian dan sesuai dengan kebijakan CSR (Corporate Social Responsibility) PAMA, di mana salah satu lima programnya yakni pendidikan, peningkatan keterampilan dan kursus,” ungkap Chief PAMA BPOP Expert Sulasman yang didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji, Selasa (13/2/2024).

Adapun berkaitan dengan PBK tersebut, PAMA BPOP dan Disnakertrans Kaltim melalui UPTD Balai Latihan Kerja Industri Balikpapan bersama-sama melaksanakan pembukaan PBK di Workshop Teknik Otomotif UPTD BLKI Balikpapan pada 7 Februari lalu.

Suryaningsih selaku Kepala BLKI Balikpapan menyampaikan PBK ini diikuti oleh peserta berjumlah 192 orang berasal dari masyarakat Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Adapun PKB yang dilaksanakan meliput sub Kejuruan Mekanik Dasar Alat Berat Angkatan I dan II, Plate Welder SMAW 3G-UP/PF Angkatan I dan I, Pemasangan Instalasi Otomasi Listrik Industri Angkatan I, Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana Angkatan I, Teknisi Perawatan AC Residential Angkatan I, Service Sepeda Motor Injeksi Angkatan I, Pengoperasian Mesin Bubut Angkatan I, Pengelolaan Administrasi Perkantoran Angkatan I dan I, Menjahit Pakaian Wanita Dewasa Angkatan I.

“Juga serta Pembuatan Roti dan Kue Angkatan I dengan sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” ungkap Suryaningsih saat memberikan sambutan di acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi dengan Disnakertrans

Dari PAMA BPOP yang diwakili HCGS Departement Head M. Banuarto Adhisaputro dan CSR Officer Aziz Kusuma Aji. Dalam sambutannya, Banuarto menjelaskan posisi PT PAMA sebagai salah satu perusahaan pemberi kerja. Yang melakukan seleksi ketat terhadap tenaga kerja. Karena itu dia berpesan kepada peserta agar mampu memanfaatkan PBK ini dengan sebaik-baiknya.

“Pengalaman kami dalam rekrutmen di 2021 lalu. Di mana dari 5 ribu pelamar, hanya 50 yang lolos seleksi. PAMA selalu tergerak untuk bisa memeroleh tenaga kerja sebaik mungkin dari wilayah sekitar. Artinya prioritaskan lingkungan kami lebih dulu. Kami kerap berkunjung ke sekolah, kami sampaikan buka seluas-luasnya kesempatan dan dilakukan secara terbuka. Bisa diakses secara online,” ungkap Banuarto.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Kaltim Rozani Erawadi menjelaskan, PKB ini merupakan lanjutan program peningkatan kapasitas SDM Kaltim. Karena itu, dia mengingatkan kepada peserta dalam kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk lulus, namun juga memiliki kompetensi.

“Kepada peserta harus serius mengikuti pelatihan ini. Namun bukan hanya berkompeten, namun harus selalu dikedepankan sikap dan perilaku yang baik. Itu sebabnya ada pendidikan mental oleh TNI. Karena itu manfaatkan momen ini,” ungkap Rozani kepada peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.