Sukses

Ada Pawai Kemenangan Digelar dari Kampung Halaman Prabowo di Minahasa

Meski hasil hitung cepat ini masih bersifat sementara, namun ribuan pendukung Prabowo Subianto sudah menggelar pawai di tanah kelahiran ibunda Prabowo yakni Dora Sigar di Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Liputan6.com, Minahasa - Hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survey menempatkan pasangan capres dan cawapres Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka di posisi teratas hasil pemungutan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Meski hasil hitung cepat ini masih bersifat sementara dan harus menunggu penghitungan oleh KPU, namun ribuan pendukung Prabowo Subianto sudah menggelar pawai di tanah kelahiran ibunda Prabowo yakni Dora Sigar di Kecamatan Langowan, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Sejak sore menjelang malam, Rabu (14/2/2024), ribuan orang sudah berkumpul di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Langowan, juga beberapa kecamatan sekitar seperti Tompaso dan Kawangkoan. Mereka kemudian melakukan konvoi atas kemenangan yang diraih pasangan Prabowo-Gibran.

“Kami masih berada di gereja, karena bertepatan dengan ibadah Rabu Abu bagi umat Katolik. Namun di luar gereja, di ruas jalan utama, konvosi sudah berlangsung dengan sangat ramai,” ujar Hesty Warokka, salah satu warga Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Konvoi yang diikuti warga dari berbagai kelompok umur itu membawa sejumlah bendera bergambar Prabowo-Gibran serta partai pendukungnya seperti Partai Gerindra, Partai Demokrat, PSI, Partai Golkar, dan lainnya.

“Ini pawai kemenangan pasangan Prabowo-Gibran. Kami siap menyambut kedatangan presiden yang baru, Prabowo yang juga adalah putra Minahasa,” ujar Daniel Pangemanan, warga Kecamatan Langowan.

Pawai kemenangan itu tak hanya terjadi di Minahasa, melainkan juga di Kota Manado, Sulut. Puluhan kendaraan roda dua dan empat melintas di sejumlah jalan protokol seperti Jalan Sam Ratulangi, dan Jalan Pierre Tendean. Meski diguyur hujan, warga tetap semangat melakukan konvoi untuk merayakan kemenangan Prabowo-Gibran.

Diketahui, hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dengan 59% persen suara, disusul Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar 25%, dan Ganjar Pranowo – Mahfud Md 16%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini