Sukses

Intip 6 Rekomendasi Wisata Pantai di Jawa Barat

Berlibur dengan menikmati indahnya pantai bisa memberikan suasana santai untuk berlibur. Berikut ini adalah rekomendasi wisata pantai yang ada di Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Berwisata ke pantai bisa menjadi pilihan untuk bersantai atau healing energi setelah sibuk bekerja atau beraktivitas di hari biasa. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang memberikan sajian pantai indah dan menarik yang bisa dipilih.

Liburan ke pantai tidak hanya memberikan pengalaman keindahan alam yang luar biasa tetapi juga terdapat manfaat positif yang juga baik untuk tubuh dan jiwa. Misalnya saja melakukan kegiatan fisik yang seru dan menjaga mental agar tetap tenang.

Liburan adalah kebutuhan yang secara tidak sadar dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. Liburan juga bisa membuat seseorang tenang dari situasi rumit yang ia jalani atau dari berbagai tekanan dan tuntutan yang dihadapi dalam hidup.

Pantai mempunyai pengalaman menyenangkan untuk seseorang dan memberikan relaksasi dan ketenangan yang baik. Pasalnya suara ombak pantai dengan pasir yang lembut bisa membawa seseorang jauh lebih tenang.

Selain itu, suasana pantai memiliki aura menenangkan yang bisa membantu seseorang mengurangi stres yang mereka pikirkan. Sementara itu, kita juga bisa melakukan aktivitas olahraga menyenangkan di pantai.

Misalnya dengan berjalan kaki di sepanjang tepi pantai, berenang, bermain pasir, atau aktivitas fisik lainnya. Jika mengunjungi pantai di waktu pagi kita juga bisa mendapatkan vitamin D dari cahaya matahari.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah enam rekomendasi wisata pantai indah di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftarnya

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai yang berlokasi di Kawasan Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pantai ini menjadi destinasi wisata di Tasikmalaya yang sangat direkomendasikan.

Karang Tawulan mempunyai suasana pantai yang masih terjaga keasriannya dan bahkan terdapat tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat pemandangan pantai jauh lebih indah. Pantai ini memiliki deburan ombak besar dengan pemandangan batu karang.

Bahkan pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan bersantai di atas tebing yang dikelilingi oleh rumput dan pepohonan. Pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas mulai dari memancing atau bersantai.

Wisatawan dilarang untuk berenang di pantai ini karena Pantai Karang Tawulan memiliki ombak yang sangat besar. Namun tidak perlu khawatir pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai sembari menikmati makanan di warung makan yang ada di lokasi.

Biaya masuk ke Pantai Karang Tawulan sekitar Rp3.500 dan biasanya dikenakan tarif parkir mulai dari tarif motor sekitar Rp2.500 dan mobil Rp10.000.

2. Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan wisata pantai pasir putih bersih yang cocok dikunjungi oleh keluarga. Pantai Santolo sudah sangat populer dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama karena pemandangan sunsetnya yang indah.

Wisatawan bisa menikmati senja sambil berfoto cantik di beberapa sudut aesthetic yang ada di Pantai Santolo. Pastinya sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mengabadikan momen suasana sunset di pinggir pantai.

Selain itu wisatawan juga bisa menikmati pantai dengan berkeliling menggunakan kuda yang dituntun oleh seorang guide. Sensasi berkuda di pinggir pantai ini cocok untuk dilakukan oleh anak kecil yang ingin memiliki pengalaman menyenangkan.

Pengunjung juga bisa menikmati sajian makanan khas di warung makan yang ada di sekitar Pantai Santolo. Kemudian untuk mengunjungi pantai ini berlokasi di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Harga tiketnya cukup terjangkau sekitar Rp 3.500 dan terdapat tarif parkir kendaraan yaitu Rp2.500 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pantai Pasir Putih Pangandaran adalah destinasi wisata populer yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya pantai ini mempunyai pasir putih yang cantik dengan pemandangan alam pantai yang indah.

Selain itu ada kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini mulai dari menikmati keindahan Cagar Alam Pananjung, berenang, hingga melihat ikan-ikan di bawah laut.

Lokasinya sendiri ada di Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kabu. Pangandaran, Jawa Barat atau di Desa Pananjung. Buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket sekitar Rp10.000

4. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan pantai yang berlokasi di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini menarik untuk dikunjungi karena pemandangan pantainya yang indah dan menyatu dengan tebing hijau.

Selain itu pantai ini juga mempunyai hamparan bebatuan karang yang ditumbuhi tanaman laut yang indah. Wisatawan bisa melihat ombak pantai yang besar dengan deretan perahu nelayan.

Pantai ini juga mempunyai pasir putih dan bisa melihat aktivitas warga sekitar yang kebanyakan seorang nelayan untuk membongkar muat perahu yang berisi ikan. Tentu saja pengunjung juga bisa bersantai di atas tebing untuk melihat hamparan samudera yang luas.

Melansir dari Info Garut pengunjung bisa memasuki lokasi pantai tersebut dengan membayar tiket masuk sekitar Rp5.000. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu atau Palabuhanratu merupakan pantai populer di Sukabumi yang mempunyai pasir putih dengan pemandangan alam yang indah. Pantai ini juga memiliki cagar alam serta batu karang yang membuatnya semakin indah.

Pantai ini terletak di pesisir Selatan Pulau Jawa yang langsung menghadap ke Samudra Hindia. Ombak di Pantai Pelabuhan Ratu termasuk tipe ombak yang besar dan biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang sudah profesional berselancar.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dengan bersantai di pinggir pantai atau menikmati sajian kuliner khas di Pelabuhan Ratu. Sementara itu harga tiket masuk ke pantai ini tidak memerlukan biaya karena gratis.

6. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu merupakan pantai yang lokasinya ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pantai ini identik dengan pemandangan alam yang indah serta batu karang yang membuatnya dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat.

Nama Pantai Batu Hiu dipilih karena terdapat batu karang di tengah laut yang konon katanya mirip dengan ikan hiu. Selain itu juga terdapat terowongan yang menyerupai ikan hiu untuk memasuki pantai.

Meskipun tidak boleh berenang pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai di atas tebing sekitar pantai. Cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dan menenangkan diri.

Harga tiket masuk ke Pantai Batu Hiu sekitar Rp10.000 belum termasuk biaya kendaraan yang dibawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini