Sukses

Intip Yuk, Rekomendasi 10 Wisata Viral di Yogyakarta

Yogyakarta selalu menjadi destinasi wisata populer masyarkat Indonesia. Selain itu, daerah ini juga mempunyai beragam wisata viral yang ramai dibahas di media sosial.

Liputan6.com, Bandung - Berlibur di akhir pekan sering menjadi waktu tepat untuk melepaskan penat setelah sibuk bekerja. Berlibur juga membantu seseorang untuk menenangkan dirinya dari hiruk pikuk perkotaan.

Indonesia mempunyai banyak daerah wisata lokal yang menarik dan viral di media sosial. Salah satunya berlibur ke Yogyakarta dan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di daerah tersebut.

Yogyakarta tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Selain itu, semakin berjalannya waktu ada banyak tempat-tempat wisata menarik di Yogyakarta.

Melansir dari beberapa unggahan di media sosial, terdapat tempat wisata menarik mulai dari kuliner, edukasi, hingga alam yang bisa dikunjungi di Yogyakarta. Sebagai informasi, Yogyakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah.

Melalui artikel ini terdapat rangkuman tempat-tempat wisata viral dan kekinian yang bisa dikunjungi. Berikut ini adalah 10 rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang harus kamu kunjungi ketika berlibur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftarnya

1. HeHa Ocean View

HeHa Ocean View merupakan tempat wisata viral dan kekinian yang saat ini populer di media sosial. Tempat wisata ini menyajikan sejumlah spot foto keren dengan latar belakang pemandangan alam laut yang indah.

Para wisatawan bisa mengunjungi HeHa Ocean View dari kota Jogja dan menempuh waktu sekitar 1,5 jam saja. Melansir dari Instagram resminya HeHa Ocean View berlokasi di Bolang, Girikato, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Tempat wisata ini buka setiap hari yaitu pada pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di hari senin hingga Jumat. Kemudian pukul 08.00 hingga 21.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur.

HeHa Ocean View menjadi tempat wisata yang terdiri dari restoran, penginapan, hingga beberapa spot foto menarik dan aesthetic.

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata populer sejak lama yang menyajikan arsitektur candi khas Hindu. Candi Prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo-Yogyakarta Nomor 16 Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain melihat candi tempat ini juga menyajikan spot-spot menyenangkan lainnya yang bisa dikunjungi. Melansir dari unggahan Instagram resmi Candi Prambanan berikut ini adalah daftar tiket masuknya:

  • Tiket Reguler:

1. Dewasa (>10 tahun): Rp 50.000

2. Anak (3-10 tahun): Rp 25.000

  • Tiket Terusan Borobudur-Prambanan

1. Dewasa (>10 tahun): Rp 75.000

2. Anak (3-10 tahun): Rp 35.000

  • Tiket Terusan Prambanan-Ratu Boko

1. Dewasa (>10 tahun): Rp 85.000

2. Anak (3-10 tahun): Rp 40.000

3. Taman Sari

Wisata di Taman Sari Yogyakarta merupakan tempat wisata bersejarah yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I. Awalnya Taman Sari adalah taman istana Keraton Yogyakarta dan dikenal sebagai pemandian raja dan para putri.

Tempat wisata ini berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman Sari buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan berbagai fasilitas seperti berfoto, pemandu wisata, hingga toko cinderamata.

4. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan destinasi wisata menarik yang cocok untuk pengunjung yang gemar berfoto. Pasalnya tempat wisata ini sering menjadi lokasi syuting film ataupun iklan.

Pengunjung bisa merasakan sensasi menaiki kereta tua dengan latar bangunan tua yang menarik. Kereta tua tersebut merupakan kereta trem jadul yang membawa pengunjung menikmati suasana ala abad ke 16 dan 17.

Lokasi Studio Alam Gamplong ada di Gamplong 1, Dukuh, Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Tempo Gelato

Tempo Gelato merupakan gerai es krim viral di media sosial yang wajib dikunjungi jika ke Yogyakarta. Tempat ini menyajikan es krim khas Italia dengan desain interior yang menarik untuk pengunjung.

Gerai es krim ini mempunyai 50 pilihan rasa dan telah berdiri sejak 2015 berlokasi di Jl. Prawirotaman No.38 B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Tempo Gelato buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 22.30 WIB.

Di Yogyakarta sendiri Tempo Gelato sudah mempunyai beberapa cabangnya yang bisa dikunjungi.

6. Jungwok Blue Ocean

Jungwok Blue Ocean merupakan tempat wisata dengan desain ala Santorini yang menarik dan indah. Tempat ini menyajikan pemandangan indah panorama laut selatan dengan desain bangunan ala Santorini.

Harga tiket untuk memasuki Jungwok Blue Ocean sekitar Rp 25.000 per orang dan bisa menikmati fasilitas berfoto menarik. Lokasinya sendiri ada di Pantai Jungwok, Kelurahan Jepitu, Kapanewon, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul dan buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 19.00 WIB.

7. Pantai Watulawang

Wisata pantai masih menjadi destinasi wisata alam menarik bagi sejumlah wisatawan dan pantai Watulawang merupakan pantai yang berhadapan langsung dengan laut Selatan. Mempunyai pemandangan alam yang indah para wisatawan bisa bersantai di pantai dengan pasir putihnya.

Harga tiketnya pun terjangkau sekitar Rp 10.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir untuk kendaraan motor atau mobil. 

4 dari 4 halaman

Berikutnya

8. Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi adalah wisata edukasi yang memberikan pengalaman menarik kepada para wisatawan. Pasalnya pengunjung tidak hanya mendapatkan pengetahuan tetapi juga area foto yang Instagramable.

Bhumi Merapi berlokasi di Jalan Kaliurang KM.20, Sawungan, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Harga tiketnya sendiri sekitar Rp 30 ribu dan buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

9. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata menarik yang menyajikan keindahan alam dan suasana yang asri. Berlokasi di ketinggian 200 meter dari permukaan laut pengunjung akan melihat pemandangan pegunungan yang indah.

Berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tempat wisata ini menyediakan berbagai aktivita seru. Mulai dari mengunjungi kebun buah, berkeliling dengan sepeda, berkemah, dan masih banyak lagi.

10. Karang Pramuka

Karang Pramuka adalah tempat wisata dan rekreasi yang juga merupakan tempat outbound. Mempunyai lapangan dan lahan yang luas terdapat kegiatan seru hingga permainan grup yang cocok dikunjungi bersama keluarga besar.

Lokasinya dipenuhi dengan pepohonan membuat tempat wisata ini mempunyai udara yang sejuk. Selain itu, terdapat tempat sewa skuter yang bisa digunakan untuk menikmati lokasi luas di Karang Pramuka.

Karang Pramuka berlokasi di Gg. Petruk Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.