Sukses

Drama Jepang 'Alice In Wonderful Kitchen' Dituduh Jiplak 'Extraordinary Attorney Woo', Produser Angkat Bicara

Alice in Wonderful Kitchen adalah drama mengharukan yang berpusat pada seorang koki jenius dengan autisme yang sering menekankan bahwa memasak adalah perpaduan kimia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Drama Jepang, Alice in Wonderful Kitchen disebut-sebut menjiplak cerita drama Korea Extraordinary Attorney Woo. Ace Story sebagai rumah produksi drama yang dibintangi Park Eun Bin itu menyatakan, saat ini pihaknya masih menunggu apakah sutradaranya akan mengajukan gugatan atau tidak.

Dikutip dari Pinkvilla, Ace Story mengungkapkan kekhawatirannya tentang potensi plagiarisme terhadap drama yang disutradarai oleh Yoo In Sik tersebut. Untuk itu, mereka akan bertindak jika penulisnya Moon Ji Won bersama Yoo In Sik ingin mengambil langkah hukum.

“Mereka memantau situasi dengan cermat. Mereka mengakui adanya kesamaan dan menyatakan niat mereka untuk mengambil tindakan yang tepat jika pengaduan resmi diajukan oleh penulis atau sutradara,” tulis keterangan resmi Ace Story, Selasa (29/1/2024).

Sejumlah media Jepang melaporkan banyak kekhawatiran tentang plagiarisme drama terbaru yang tayang pada 21 Januari 2024 itu dengan drakor Extraordinary Attorney Woo.

Ada sejumlah alasan sebagai bukti dugaan plagiarisme tersebut. Setelah penayangan awal, salah satu media Jepang Saijo Woman menyoroti kemiripan antara karakter utama Alice (Mugi Kadowaki) di Alice in Wonderful Kitchen dan Woo Young Woo (Park Eun Bin).

Persamaannya mencakup kesamaan dalam proses pertumbuhan karakter, karena Alice dan Woo Young Woo dibesarkan oleh seorang ayah tunggal.

Selain itu, kedua protagonis memiliki sahabat dengan masa lalu yang bermasalah yang akhirnya menjadi teman yang suportif. Kemudian laporan itu menyebutkan elemen umum seperti protagonis yang mengembangkan hubungan romantis dengan rekan kerja dan karakter yang akrab dengan masa lalu protagonis sebagai putri dari sebuah perusahaan besar.

Ada juga yang beranggapan bahwa drama asal Negeri Sakura adalah Extraordinary Attorney Woo versi Jepang. Anggapan itu kemudian menunjuk kepada lataran dan setting, sambil berharap menghindari plagiarisme.

Alice in Wonderful Kitchen adalah drama mengharukan yang berpusat pada seorang koki jenius dengan autisme yang sering menekankan bahwa memasak adalah perpaduan kimia.

Alur cerita berkisar pada individu Alice yang menghadapi berbagai tantangan hidup, menampilkan aktor seperti Mugi Kadowaki, Ren Nagase, Atsuko Maeda, dan lainnya.

Sementara, Extraordinary Attorney Woo menceritakan kisah bertahan hidup seorang pengacara jenius dan gangguan spektrum autisme, yang diperankan oleh Park Eun Bin.

Drama ini ditayangkan pada bulan Juni hingga Agustus 2022 dan memperoleh popularitas yang signifikan. Drama itu menduduki peringkat pertama dalam kategori acara TV Netflix global dalam bahasa non-Inggris dan bahasa Inggris. Film ini juga mencapai posisi teratas di Netflix Jepang, menunjukkan daya tariknya yang luas.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.