Sukses

Sinopsis Rush Hour, Ketika Jackie Chan dan Chris Tucker Menjadi Detektif

Film Rush Hour akan kembali tayang di Bioskop Trans TV pada Senin, 29 Januari 2024 pukul 21.00 WIB. Berikut ini adalah sinopsis dan fakta-fakta menariknya.

Liputan6.com, Bandung - Film “Rush Hour” akan kembali tayang di salah satu stasiun televisi swasta pada Senin, 29 Januari 2024 pukul 21.00 WIB. Film yang diperankan oleh Jackie Chan dan Chris Tucker ini mengangkat genre aksi yang dibalut komedi.

Rush Hour merupakan film yang tayang pada tahun 1998 dan menjadi salah satu film populer Jackie Chan. Bahkan, dua sekuel dari film tersebut juga telah tayang pada tahun 2001 dan 2007.

Selain itu, sejak 2023 lalu beredar kabar bahwa film Rush Hour 4 akan segera hadir dan kembali menampilkan aksi seru Jackie Chan dan Chris Tucker. Namun, kabar tersebut masih rumor dan belum diketahui jadwal tayangnya.

Sebagai informasi film Rush Hour disutradarai oleh Brett Ratner yang dikenal sebagai sutradara film populer seperti X-Men: The Last Stand dan Hercules. Film ini ditulis oleh Ross LaManna dan Jim Kouf.

Rush Hour mempunyai rating usia 13 tahun ke atas dan berdurasi sekitar 1 jam 38 menit. Meskipun bergenre aksi film ini dibalut dengan cerita komedi dari kedua aktornya yaitu Jackie dan Chris.

Kisahnya mengangkat tentang perjalanan detektif asal Hong Kong yang bekerja sama dengan detektif L.A.P.D. Ceritanya juga disebut seru mengingat keduanya mempunyai keterbatasan bahasa.

Kesuksesan film Rush Hour tentu saja terlihat dari banyaknya sekuel yang saat ini telah dibuat. Bahkan, pada saat penayangannya film ini dinilai sukses besar karena berhasil mendapatkan pendapatan kotor hingga $33 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Rush Hour

Rush Hour menceritakan tentang seorang detektif bernama Lee (Jackie Chan) yang bekerja untuk kepolisian kerajaan Hong Kong. Namun, saat ini Lee dipindahtugaskan ke Los Angeles, Amerika Serikat.

Bukan tanpa sebab kepindahannya harus dilakukan karena putri dari seorang konsultan Hong Kong bernama Solon Han (Tzi Ma) diculik oleh Sang (Ken Leung). Sang dikenal sebagai tangan kanan dari pimpinan komplotan penjahat bernama Juntao.

Putri dari Solon Han sendiri bernama Soo Yung Han (Julia Hsu) dan mengalami penculikan ketika ia dalam perjalanan menuju sekolah. Solon pun meminta bantuan Lee untuk bisa mencari anaknya tersebut.

Sementara itu pihak FBI takut jika keterlibatan Lee dalam kasus ini menjadi perhatian dari mata internasional. Maka dari itu, FBI memanggil detektif James Carter (Chris Tucker) untuk mengawasi gerak-gerik dari Lee, sejak itu perjalanan dari kedua detektif tersebut semakin menarik.

3 dari 4 halaman

5 Fakta Menarik Film Rush Hour

Berikut ini adalah lima fakta menarik film Rush Hour:

1. Daftar Pemeran Rush Hour (1998)

Berikut ini adalah daftar pemeran film Rush Hour (1998):

1. Jackie Chan sebagai Lee.

2. Chris Tucker sebagai Carter.

3. Ken Leung sebagai Sang.

4. Tom Wilkinson sebagai Griffin.

5. Tzi Ma sebagai Konsultan Han.

6. Julia Hsu sebagai Soo Yung.

7. Chris Penn sebagai Clive.

8. Rex Linn sebagai Agen Whitney.

9. Mark Rolston sebagai Agen Russ.

10. Elizabeth Pena sebagai Johnson.

2. Sukses Besar

Film Rush Hour termasuk menjadi film yang sukses besar karena ketika debut di box office film ini berhasil mendapatkan pendapatan kotor $33 juta. Sehingga keuntungan dari anggaran kembali seperti semula dan secara keseluruhan film ini menghasilkan $140 juta di dalam negeri dan $244,4 juta di seluruh dunia.

3. Disney sempat meragukan film Rush Hour

Diketahui kepala yang berkuasa di Disney saat itu tidak percaya dengan film Rush Hour karena khawatir tentang anggaran. Ia juga khawatir tentang Jackie Chan sebagai co-leadnya dan akhirnya memutuskan untuk turnaround dari proyek film tersebut.

Namun meskipun dilepas masih ada beberapa studio yang tertarik dengan proyek film Rush Hour. Adapun setelah tayang film ini ternyata berhasil sukses besar dan mempunyai penggemar yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Rush Hour

4. Sutradaranya penggemar Jackie Chan

Sutradara film Rush Hour (1998) yaitu Brett Ratner ternyata penggemar dari karya-karya Jackie Chan di Hong Kong. Melalui film ini ia juga ingin memberi penghormatan kepadanya dengan beberapa adegan bagus yang mungkin tidak familiar dengan penonton.

Bahkan sang sutradara jug sengaja menggunakan kembali potongan-potongan adegan aksi dari film-film Jackie Chan di Hong Kong dalam film Rush Hour.

5. Menghasilkan Sekuel Film lain dan Adaptasi TV

Kesuksesan Rush Hour membuat film ini mempunyai sekuel-sekuel filmnya yang sama-sama berhasil. Saat ini, sudah ada dua film sekuelnya yaitu Rush Hour 2 (2001) dan Rush Hour 3 (2007).

Pada Maret 2023, film Rush Hour keempat juga dikabarkan sedang diproduksi dan kembali menampilkan aksi komedi dari Jackie Chan dan Chris Tucker. Selain itu, film ini juga menghasilkan serial TV berjudul sama yang tayang di CBD pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini