Sukses

Cegah Kerusakan Tahura Bali, TNI Ajak Warga Tanam 3.000 Pohon Bakau

Mencegah kerusakan lingkungan di Denpasar, khususnya di kawasan Tahura dan bantaran sungai Kodim Badung bekerjasama dengan Qnet lakukan penanaman ribuan pohon. lebih dari 3.000 ribu bibit pohon bakau ditanam di area Tahura Bali dan bibit pohon di bantara Sungai Taman Pancing.

Liputan6.com, Denpasar - Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Denpasar 1611/Kodim Badung bekerja sama dengan Qnet tanam pohon di kawasan wisata bantaran sungai Taman Pancing Denpasar dan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura)

Komandan Kodim/Dandim 1611/Badung, Kolonel Arh Teguh Waluyo mengajak satuannya bersama pihak terkait dan masyarakat sekitar untuk membersihkan sampah sungai dan kawasan Tahura Bali itu.

Tak hanya itu pihaknya membersihkan sampah sungai dan juga area Tahura, dengan diakhiri menanam pohon sebagai salah satu upaya penghijauan di kawasan Kota Denpasar. Sekitar 3.000 bibit pohon bakau ditanam dan di kawasan Tahura dan ribuan lainnya ditanam di bantaran Sungai Taman Pancing.

"Kami gelar Bhakti TNI yang menyasar pembersihan sungai Taman Pancing dan kawasan Tahura sebagai bukti bahwa TNI juga mencegah kerusakan alam dan menjaganya dengan cara tanam pohon ini," kata dia kepada media di kawasan Taman Pancing Denpasar, Bali, Minggu (28/1/2024).

Tampak dalam kegiatan tersebut, masyarakat Desa Pemogan, Dandim Badung, Kajasdam IX Udayana, Kasdim Badung, Danramil Denpasar Selatan, Kabag SDM Polresta Denpasar, perwakilan QNET, Kepala Desa, tokoh masyarakat Desa Pemogan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengijauan di Kota Denpasar

Menurut dia, kegiatan tanam pohon dan pembersihan sampah-sampah sungai agar aliran sungai berjalan lancar dan tidak menimbulkan mampet yang akan berakibat munculnya genangan banjir di musim penghujan.

"Mencegah pencemaran lingkungan adalah kewajiban kita Bersama, kegiatan ini dapat mengambil langkah peduli lingkungan khususnya di bantaran sungai Jalan Taman Pancing ini," ujar dia. 

Dalam kesempatan itu ia meminta masyarakat khususnya warga Denpasar menjaga lingkungan tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam sungai. Untuk diketahui bantaran sungai Taman Pancing menjadi lokasi wisata warga sekitar menikmati sunset ataupun lokasi liburan murah saat hari libur.

Sementara itu, General Manager QNET Indonesia, Ganang Rindarko mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut bukan kali pertama pihaknya bekerjasama dengan TNI dalam menjaga kelestarian alam di Bali. Sebelumnya Qnet dan TNI pernah melakukan penanaman 3.000 bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali,

"Kami bersihkan bantaran sungai ini dan tanam pohon di area Taman Pancing karena QNET mempunyai visi yang sama untuk menjaga kelestarian alam dan mewariskannya ke anak cucu kita. Hijaukan alam karena akan kita wariskan ke generasi mendatang," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.