Sukses

Pengalaman Seru Wisata Perjalanan Kuliner Bersama Nusa Food Guide

Kuliner menjadi alasan dari 63% wisatawan dalam berwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri, kuliner Indonesia kerap dinobatkan sebagai kuliner terbaik di dunia termasuk makanan rendang dan rawon.

Data dari BPS, pada 2020 terdapat 1,51 juta unit usaha mikro-kecil yang bergerak pada industri makanan dan menjadi kontributor terbesar pada skala usaha mikro-kecil.

Menyadari pentingnya wisata kuliner bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia, NusaTrip, agen perjalanan online berlisensi IATA dan merupakan anggota ekosistem Society Pass di Asia Tenggara, akan meluncurkan Nusa Food Guide.

Nusa Food Guide merupakan sebuah platform informasi untuk para wisatawan mancanegara dan domestik, yang mencari informasi tentang destinasi kuliner di Indonesia, termasuk makanan-makanan otentik serta rumah makan berperingkat terbaik di berbagai provinsi di Indonesia.

"Kuliner menjadi alasan dari 63% wisatawan dalam berwisata. Karenanya kami terus mendukung dan mengembangkan program-program wisata gastronomi, termasuk yang telah kami lakukan di Ubud,Bali, di mana diproyeksikan menjadi prototipe gastronomi dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Chief Marketing Officer Nusatrip, Anson Neo mengatakan didirikan sejak tahun 2013, NusaTrip terus berkomitmen untuk mempromosikan Indonesia kepada wisatawan baik secara regional maupun global.

"Bersama lebih dari 10 mitra, kami telah menyediakan lebih dari 500 pilihan maskapai penerbangan dan 650.000 hotel di seluruh dunia. Kami terus berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan asing ke Indonesia termasuk melalui program wisata kuliner yang akan kami inisiasi," jelasnya.

NusaTrip secara efektif melakukan pemasaran melalui kanal komunikasi multi-platform digital, termasuk berkolaborasi dengan komunitas eastnusatenggara.id untuk mempromosikan dan meningkatkan pariwisata di Nusa Tenggara Timur.

Berangkat dari kesuksesan kolaborasi tersebut, NusaTrip berharap kolaborasi yang akan dilakukan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Nusa Food Guide dapat turut meningkatkan pariwisata kuliner Indonesia.

Sementara Head of Marketing Nusatrip, Rosa Milyarna menyampaikan Nusa Food Guide dirancang sebagai wadah untuk memberikan informasi seputar wisata kuliner Indonesia. Pihaknya menggandeng berbagai pemegang kebijakan, termasuk para Key Opinion Leaders dan UMKM untuk membuat beragam konten digital.

"Berbagai macam bahan baku makanan yang terkenal di Indonesia serta makanan khas di kota-kota Indonesia," ujarnya.

Pada tahap awal, Nusa Food Guide akan mengangkat kekayaan kuliner dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung serta dari pulau Sumatera dan Sulawesi.

"Kami juga siap untuk menyediakan berbagai paket wisata termasuk penginapan serta wisata kuliner untuk mengakses berbagai acara yang diadakan di 5 destinasi wisata super prioritas Indonesia, termasuk perhelatan MotoGP di Mandalika International Sirkuit di Lombok," ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini