Sukses

Terungkap Kuliner Indonesia Favorit Ed Sheeran Saat Melokal di Jakarta

Tidak hanya makan kuliner Indonesia, Ed Sheeran juga kedapatan memberi kejutan pada pengunjung yang sedang karaoke di SEMAJA.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis lagu, sekaligus penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran, seolah tidak mau menyia-nyiakan kunjungan singkatnya ke Jakarta sebagai salah satu perhentian "+-=÷x Tour." Di antara ragam konten melokalnya di Ibu Kota, pelantun lagu Castle on the Hill ini juga mencicip ragam kuliner Indonesia.

Makanan-makanan itu disantap Sheeran di SEMAJA, sebuah restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Marketing Director Lifestyle ISMAYA Group, Arlene Yuwono, yang menangani langsung reservasinya, bercerita bahwa sang musisi hanya punya waktu 36 jam di Jakarta.

"Dia tuh pas awal kayak, 'Aduh gue bisa dapat makanan Indonesia enggak sih.' Dia worry-nya sampai kayak gitu," katanya di sesi Pre-Ramadhan Gathering ISMAYA Group di SEMAJA, Selasa, 5 Maret 2024. "Akhirnya dia baru sampai sini (pukul) 10 atau setengah 11 malam."

"Awalnya tuh dia bilang, 'Ya sudah kalau enggak bisa,' karena restoran Indonesia jam segitu biasanya sudah last order," imbuhnya. Kedatangannya tentu sudah melalui reservasi terlebih dulu, yang mana pengaturan ini dilakukan pihak promotor, beberapa hari sebelumnya.

"Kami bilang, kami bisa, kami siapkan, ada VIP room juga," sebut Arlene. Ia melanjutkan bahwa semula, Sheeran menyebut ingin mencoba sebanyak-banyaknya makanan Indonesia. "Dia dan manajemennya tahu SEMAJA ini (restoran) premium (kuliner) Indonesia. Dia juga lihat dari Google review kami, semua bagus, jadi okay lah dia mau di SEMAJA," tuturnya.

Merujuk pada permintaan ingin menjajal banyak makanan Indonesia, pihaknya pun menyiapkan belasan menu untuk rombongan sang musisi. "Ada ikan tuna gohu, donat goreng cakalang, ayam tinoransak sambal dabu-dabu, babi, dendeng sapi balado, pipi masak gota Andaliman, ikan gindara butter kecap, serta pepes ikan baramundi kemangi," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Indonesia Favorit Ed Sheeran

Tidak ketinggalan, Ed Sheeran juga disajikan sate maranggi dan sop buntut. "Terus dessert-nya ada bika ambon dan enting-enting kacang 2.0, itu enak banget," kata Arlene.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa per minggu ini, SEMAJA telah bersertifikat halal, jadi "kami sudah tidak menjual babi lagi." "Bukan hanya untuk Ramadhan, tapi seterusnya ke depan," ia menambahkan.

Dari sekian banyak kuliner yang disajikan, Sheeran disebut paling suka sop buntut yang kuahnya sampai diminum dari mangkuknya, habis tidak bersisa. Kemudian untuk makanan penutup, pria berusia 33 tahun itu dikatakan suka sekali dengan enting-enting kacang 2.0.

"Kan ada 12 menu tuh, banyak banget, sampai ada satu timnya enggak habis, terus dia (Sheeran) yang makan itu (enting-enting kacang 2.0)," ungkap Arlene. "Dia juga suka banget sama ikan tuna gohu, waktu makan kayak, 'Wow, ini enak,' sama sate marangginya disebut 'mindblowing.'"

Sebagaimana diketahui, selain makan, Sheeran juga memberi kejutan pada penggemar yang sedang karaoke di SEMAJA di malam ia mampir ke sana. Di video online yang jadi viral, ia tampak tersenyum melihat antusiasme sejumlah orang dalam menyanyikan lagu hitnya, Thinking Out Loud.

"Landed in Jakarta, went for dinner, heard my song next door being sung, here we are (Mendarat di Jakarta, pergi makan malam dan mendengar laguku dinyanyikan di ruangan sebelah, jadi beginilah)," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Blusukan ke Pasar Santa

Tidak berhenti di situ saja, karena Ed Sheeran juga kedapatan blusukan ke Pasar Santa, Jakarta Selatan, sebelum menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu, 2 Maret 2024. Di unggahan akun Instagram-nya, Minggu, 2 Maret 2024, ia menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Divide (album studionya) dirilis tujuh tahun lalu hari ini, waktu berlalu dengan cepat eh. Demi merayakannya, saya pergi ke beberapa toko kaset indie di Jakarta dan menyembunyikan beberapa vinyl bertanda tangan di dalamnya."

Di kesempatan itu, Sheeran menyebut bahwa ia juga mencoba beberapa kacamata nyentrik. "Terlalu jazzy?" tanyanya terkait konten tersebut. Di rekaman yang dibagikan, ia juga tampak menyapa sejumlah pemilik toko kaset yang ia temui untuk meminta izin menyembunyikan album vinyl bertandatangannya.

Di salah satunya, Sheeran bahkan meminta rekomendasi album dari musisi Indonesia, yang diberikan salah satu toko di Pasar Santa dalam bentuk vinyl dan kaset. "Saya akan mendengarkan seluruh albumnya saat saya sudah sampai rumah," akunya. Ia mengungkap bahwa mendengarkan lagu melalui vinyl telah jadi ritual pagi yang dilakukan bersama buah hatinya.

4 dari 4 halaman

Main Otok-Otok Bajaj

Di konten berbeda, Ed Sheeran kedapatan main otok-otok bajaj saat bertemu TikToker @aulianuzl. Di unggahan online-nya, Minggu, Aul menulis, "Thank you bestie tetap ilmu padi cenah @Ed Sheeran."

Di awal klip, Sheeran tampak menutup matanya saat mainan bersuara berisik itu dibawa ke dekatnya. Setelah melihatnya, ia langsung menarik mainan tersebut dan mengangkatnya, mengaku "sangat suka" dan mengatakan "ini sangat keren."

"Anak saya pasti suka banget," imbuhnya dalam bahasa Inggris. Sementara itu, Aul menjelaskan bahwa ini merupakan mainan terinspirasi transportasi jadul nan ikonis di Jakarta. "Menyala abangku," Sheeran menambahkan.

Ia juga memperlihatkan kemampuan bermusiknya saat memainkan keyboard mainan yang dibawa Aul. Sambil duduk, Sheeran menyanyikan lagu hitnya, Thinking Out Loud, sementara si TikToker memberi keterangan-keterangan kocak di video.

Sementara itu di konser, ia membawakan lebih dari 20 lagu dari berbagai album rilisannya, lapor Fimela.com. Ia membuka penampilan dengan Tides, lalu membawakan lagu-lagu populernya, seperti Bad Habit, Shape of You, Photograph, Happier, Thinking Out Loud, Eyes Close, I Don't Care, Lego House, dan The A Team.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.