Sukses

Cara Mudah Membuat Cincau dari Rumah

Dari proses pembuatannya yang melibatkan daun cincau hingga berbagai kreasi hidangan dan minuman, cincau terus memikat lidah banyak orang

Liputan6.com, Jakarta - Cincau adalah hidangan segar yang populer di Indonesia, terutama saat cuaca panas. Cincau, dikenal juga sebagai grass jelly dalam bahasa Inggris, berasal dari Tiongkok dan telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Di Indonesia, cincau pertama kali diperkenalkan oleh orang Tionghoa pada masa kolonial Belanda. Kini, cincau telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner Indonesia, menjadi bahan dalam berbagai hidangan dan minuman.

Cincau, dengan rasa ringan dan tekstur kenyalnya, merupakan hidangan yang menyegarkan dan populer di Indonesia. Dari proses pembuatannya yang melibatkan daun cincau hingga berbagai kreasi hidangan dan minuman, cincau terus memikat lidah banyak orang.

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat cincau sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan:

Bahan-bahan:

- 200 gram tepung cincau instan

- 700 ml air matang

- 150 gram gula pasir (atau sesuai selera manis)

- 2 lembar daun pandan (opsional)

Langkah-langkah:

Persiapkan Bahan

Pastikan tepung cincau instan tersedia. Jika tidak memiliki tepung cincau instan, Anda bisa membuatnya dari daun cincau yang sudah diolah. Kemudian, iapkan air matang, gula pasir sesuai selera manis Anda, cuci bersih daun pandan.

Campurkan Tepung Cincau dengan Air

Dalam panci, campurkan tepung cincau instan dengan 700 ml air matang. Aduk rata hingga tepung larut dan tidak ada gumpalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Cincau

Tambahkan Gula Pasir

Setelah tepung larut dalam air, tambahkan gula pasir sesuai selera. Aduk hingga gula larut sempurna.

Masak Campuran di Panci

Jika menggunakan, tambahkan daun pandan ke dalam campuran cincau.Panaskan campuran cincau di atas api sedang sambil terus diaduk perlahan hingga mendidih.

Rebus dan Aduk Terus

Setelah mendidih, biarkan campuran cincau tetap dalam keadaan mendidih selama sekitar 5 menit sambil terus diaduk agar tidak gosong atau menggumpal.

Tuang ke Wadah

Setelah matang, angkat panci dari api. Saring campuran cincau ke dalam wadah menggunakan saringan halus atau kain bersih untuk memisahkan daun pandan dan gumpalan yang mungkin terbentuk.

Dinginkan di Kulkas

Biarkan cincau yang sudah disaring dingin di suhu ruang sebentar sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Setelah agak dingin, pindahkan ke dalam kulkas dan biarkan dingin selama minimal 2 jam atau hingga benar-benar dingin dan mengeras.

Sajikan

Setelah dingin dan mengeras, potong cincau menjadi potongan-potongan kecil atau sesuai selera. Sajikan cincau dingin sebagai hidangan segar di hari panas. Anda juga dapat menambahkan es batu, santan, atau sirup gula merah sebagai pelengkap.

Selamat mencoba membuat cincau sendiri di rumah! Semoga artikel ini membantu dan menciptakan hidangan segar yang lezat bagi keluarga dan teman-teman.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini