Sukses

Mengenal Profesi Prakirawan Cuaca atau Forecaster di Serial 'Welcome to Samdalri"

Dari serial Welcome to Samdalri, bisa diketahui bahwa ada profesi seperti prakirawan cuaca yang sangat vital atau penting untuk mengeluarkan peringatan cuaca, terlebih setting dalam serial itu dalam pesisir laut.

Liputan6.com, Yogyakarta - Serial Welcome to Samdalri membuat banyak penonton kagum dengan pemandangan Pulau Jeju. Drakor ini tak bosan untuk ditonton lantaran banyak menyuguhkan latar pantai indah dan Desa Samdalri yang menawan.

Drama Korea dengan genre romantis komedi menceritakan tentang kehidupan masyarakat Samdalri yang memiliki interaksi kuat dengan laut. Ceritanya berpusat pada Cho Young Pil (Ji Chang Wook) yang berprofesi sebagai prakirawan cuaca.

Ia bersikukuh tak mau meninggalkan Samdalri karena ingin menjaga orang yang disayanginya, yakni Ko Mi Ja (Kim Mi Kyung) atau ibu dari Cho Sam Dal (Shin Hye Sun).

Ko Mi Ja adalah sahabat dari ibu Cho Young Pil yang berprofesi sebagai haenyeo atau perempuan penyelam yang memburu hasil laut seperti ikan maupun rumput laut.

Dari serial Welcome to Samdalri, bisa diketahui bahwa ada profesi seperti prakirawan cuaca yang sangat vital atau penting untuk mengeluarkan peringatan cuaca, terlebih seting dalam serial itu dalam pesisir laut.

Lantas, apa profesi prakirawan cuaca itu? Prakirawan cuaca atau forecaster adalah orang yang melakukan perhitungan lalu membuat prediksi cuaca lewat berbagai macam pengamatan.

Seorang tenaga ahli prakiraan cuaca biasanya bekerja di sebuah perusahaan yang membutuhkan infomasi cuaca secara teratur, seperti Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) ataupun bandara untuk keperluan penerbangan.

Selain itu, ahli prakiraan cuaca juga bisa bekerja sebagai konsultan di bidang pariwisata dan pertanian. Dalam serial ini Cho Young Pil bekerja di Badang Meteorolgi Samdalri, ia menolak untuk dipindahkan ke Seoul.

Adapun, prediksi cuaca yang dibuat biasanya berdasarkan perubahan alam yang terjadi, mulai dari suhu, keadaan langit, kecepatan angin dan sebagainya. Perlu dicatat, profesi itu cukup berbeda dengan petugas di Badan Meteorologi yang dilengkapi data statistik dari alat yang dibuat.

Bagi banyak profesi termasuk penyelam, prediksi cuaca adalah acuan utama untuk menentukan apakah hari itu aman untuk menyelam atau tidak. Untuk itu, informasi cepat prakirawan cuaca penting tanpa perlu menunggu kabar dari Badan Meteorologi.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.