Sukses

Gunungkidul Raih Penghargaan Smart Branding and Smart Society dari Kemkominfo

Kabupaten Gunungkidul berhasil menerima penghargaan Smart Branding and Smart Society dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Liputan6.com, Gunungkidul - Kabupaten Gunungkidul berhasil menerima penghargaan Smart Branding and Smart Society dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penghargaan tersebut diterima pada ajang Forum Smart City Nasional.

Diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition, Kabupaten Tangerang, Banten , Kamis (7/12/2023). Aris Kurniawan selaku Plt Direktur LAIP Kominfo menjelaskan forum ini menjadi moment untuk saling berbagi atau sharing terkait dengan inovasi smart city.

"Program yang telah dijalankan dapat sustain dan terus dilaksanakan, dan kita sudah mendampingi 241 kabupaten/kota terkait dengan smart city dan ada 2 provinsi," jelasnya.

Selain itu, Aris juga mengucapkan selamat untuk 6 kabupaten/kota yang menerima penghargaan terkait smart city. "Dan Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan untuk kategori Smart Branding and Smart Society," jelasnya.

Dalam Diskusi Penjelasan Tentang Gerakan Menuju Smart City dan Smart Province 2023, hadir juga sebagai narasumber Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Sunaryanta memaparkan, salah satu yang menguatkan smart city di Gunungkidul yakni dengan membangun komunikasi dan MOU dengan kampus-kampus.

"Dengan mereka salah satunya melalui KKN untuk mengajarkan kepada anak-anak di daerah yaitu Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika,"

Bupati Gunungkidul tersebut juga berharap untuk branding smart city di daerah Kabupaten Gunungkidul sampai ditingkat desa atau Kalurahan,

"Komunitas-komunitas yang kita berdayakan seperti komunitas informasi masyarakat serta anak-anak muda yang paham tentang digitalisasi kita berdayakan," jelas Sunaryanta.

Ia juga menambahkan dalam pengembangan dan peningkatan branding tidak terlepas dari kolaborasi pemerintah daerah, masyarakat dan akademisi, serta dalam peningkatan sumber daya masyarakat.

"Kita pemerintah daerah juga sedang melakukan branding tentang pariwisata, dalam satu tahun ini kita memproyeksikan pengunjung atau wisatawan hampir 2,8 juta dalam tahun ini dan sampai saat ini sudah mencapai 2,7 juta dan saya yakin tahun ini tercapai," jelasnya.

Kabupaten Gunungkidul pun juga mendapatkan Penghargaan Smart City untuk Kategori Smart Branding and Smart Society yang diterima secara langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta. Kabupaten Gunungkidul menjadi implementator terbaik smart city untuk Kategori Smart Branding dan Smart Society,

Setelah mendapatkan penghargaan ini, Bupati berharap untuk target kedepan dapat mewujudkan smart village agar tidak hanya kota yang cerdas, tetapi seluruh desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

"Smart city menjadi bukti, bahwa Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah mampu berkolaborasi lintas Perangkat daerah sehingga hal ini perlu ditingkatkan," kata Bupati Sunaryanta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.