Sukses

Lagi Hits, Ini 5 Tempat Wisata Malam Solo yang Bisa Jadi Tujuan

Pada malam hari, para wisatawan tetap dapat menikmati kota Solo dengan berkunjung ke beberapa wisata malam di Solo. Ada banyak tempat wisata malam Solo yang sedang hits, mulai dari wisata sejarah, religi, hingga kuliner.

Liputan6.com, Solo - Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak destinasi wisata populer. Para wisatawan dapat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah hingga mencicipi beragam kuliner legendaris.

Pada malam hari, para wisatawan tetap dapat menikmati kota Solo dengan berkunjung ke beberapa wisata malam di Solo. Ada banyak tempat wisata malam Solo yang sedang hits, mulai dawi wisata sejarag, religi, hingga kuliner.

Berikut tempat wisata malam Solo yang sedang hits.

1. Wayang Wong Sriwedari

Wayang Orang Sriwedari menjadi salah satu pertunjukan teater tradisional yang tengah tren di media sosial TikTok. Pertujukan Wayang Orang Sriwedari digelar setiap Senin hingga Sabtu pukul 18.30 WIB di Gedung Wayang Orang Sriwedari, Jalan Kebangkitan Nasional No 15, Solo.

Pertunjukan wayang orang ini diperankan oleh orang yang dirias semirip mungkin dengan tokoh-tokoh wayang. Tak hanya itu, kostum yang dikenakan juga sama persis dengan lakon pewayangan.

Dukungan dari pemerintah setempat membuat Wayang Orang Sriwedari masih terus eksis di kalangan masyarakat sekitar. Pihak pengelola seni pertunjukan seni ini terus melakukan inovasi, hingga berhasil menarik para penonton dari kalangan anak muda.

Wayang Orang Sriwedari memotong waktu pertunjukan menjadi 2,5 jam dengan cerita yang semakin beragam. Tak hanya itu, bahasa yang digunakan juga menggunakan Bahasa Jawa Krama, Bahasa Jawa Ngoko, dan juga Bahasa Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah anak muda memahami isi cerita. wisatawan yang ingin menonton dapat membeli tiket secara langsung di loket atau secara online.

Untuk sistem pembelian secara langsung, pengunjung tempat wisata Solo ini dapat membeli tiket dengan harga Rp10.000 di loket yang buka mulai pukul 18.30 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Taman Bendung Tirtonadi

2. Taman Bendung Tirtonadi

Tempat wisata malam Solo yang sedang hits selanjutnya adalah Taman Bendung Tirtonadi. Taman Bendung Tirtonadi berlokasi di area Bendungan Tirtonadi, Solo.

Taman ini sering digunakan untuk spot mencari sunset di sore hari. Saat malam hari, banyak pedagang yang berjualan di sini.

Ada banyak kursi atau bangku di kawasan ini, sehingga wisatawan dapat berburu kuliner, nongkrong dan bersantai dengan nyaman. Selain itu, Taman Bendung Tirtonadi juga terdapat Gedung Papan Kawruh Tirta, destinasi wisata edukatif yang menyajikan informasi mengenai air dan upaya pengendalian banjir.

wisatawan hanya perlu membayar parkir kendaraan saja ketika ke taman sini, tidak perlu tiket masuk.

3. Masjid Raya Syeikh Zayed

Masjid Raya Syeikh Zayed kini menjadi salah satu destinasi wisata religi Solo, Jawa Tengah. Masjid ini diresmikan 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Masjid Raya Syeikh Zayed dibangun sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA). Meskipun memiliki ornamen bangunan khas Timur Tengah, masjid ini juga tetap memiliki sentuhan unsur budaya asli Indonesia.

Masjid Syeikh Zayed dibangun dengan dua lantai dan dilengkapi empat menara serta satu kubah utama. Total, ada 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih di Masjid Sheikh Zayed Solo.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo juga dapat menampung 10.000 anggota jemaah. Sementara, saat salat Idul Fitri atau Idul Adha, kapasitas masjid bisa menampung 15.000 orang.

Fasilitas masjid juga ramah terhadap difabel, lansia dan anak-anak. Jemaah yang datang secara langsung bakal dimanjakan dengan fasilitas lain berupa basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan.

 

3 dari 3 halaman

Solo Street Art Market

4. Solo Street Art Market

Solo Street Art Market merupakan pameran sekaligus pasar seni yang dilaksanakan setiap sabtu malam di Jalan Gatot Subroto atau Gatsu-Ngarsopuro, Solo. Pameran ini digelar oleh Komunitas Solo is Solo dengan tujuan untuk memberdayakan UMKM sekaligus pemberdayaan fasilitas publik yang ada.

Digelar sejak akhir 2022 lalu, Solo Street Art Market kini memiliki 50 lapak seniman yang berpartisipasi. Solo Street Art Market juga kerap menyuguhkan penampilan seperti dance dan musik.

5. Balai Kota Solo

Hampir semua tempat bisa menjadi tujuan wisata di Solo, termasuk kantor pemerintahan, Balai Kota Solo. Halamannya yang luas membuat masyarakat bisa duduk-duduk di sana sambil menikmati malam.

Kemudian, di jalan sekitar Balai Kota terdapat penjual makanan dan camilan khas malam hari, seperti telur gulung, jagung rebus, sempol, dan jajanan-jajanan lainnya. wisatawan bisa jajan lalu duduk bercengkrama bertukar pikiran bersama orang-orang yang mereka sayangi.

Tidak ada tiket masuk untuk ke sini, hanya perlu mengeluarkan uang untuk jajan dan parkir saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.