Sukses

Rekomendasi Destinasi Wisata di Solo, Ada yang Tawarkan Fine Dining ala Bangsawan Jawa

Kota ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sekaligus menyajikan kuliner yang menggugah selera. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Solo dan kulinernya.

Liputan6.com, Solo - Kota Solo menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang kaya budaya. Selain itu, pilihan kulinernya pun sangat beragam.

Kota ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sekaligus menyajikan kuliner yang menggugah selera. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Solo dan kulinernya.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed adalah ikon wisata religi baru Kota Solo. Masjid ini terinspirasi oleh Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Masjid Raya Sheikh Zayed adalah hadiah dari Putra Mahkota UEA untuk Presiden Jokowi. Masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang mengagumkan, sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk datang. Dengan bangunan utama seluas 8.000 meter persegi, masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jemaah.

2. Night Market Ngarsopuro dan Solo Street Art Market

Night Market Ngarsopuro adalah tempat belanja yang ramah di kantong. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai produk berkualitas. Tak hanya berbelanja, pengunjung juga dapat menikmati atraksi budaya dan pertunjukan seni.

Selain Night Market Ngarsopuro, pengunjung juga bisa mampir ke Solo Street Art Market di Jalan Gatot Subroto. Tempat itu menjadi pusat kreativitas anak muda Solo. Pengunjung bisa menemukan seni mural dan berbagai produk handmade unik dari para seniman lokal.

3. Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo sudah ada sejak 1927. Tak heran, jika tempat ini menjadi surganya kuliner tradisional hingga kini.

Pengunjung bisa mencoba gempol pleret, yakni minuman santan dengan gula merah. Kuliner lain yang bisa dicoba adalah tahok, yaitu minuman jahe dengan kembang tahu. Kuliner lainnya pun tak kalah menarik, seperti cabuk rambak, es dawet, hingga lenjongan.

4. Solo Safari

Solo Safari menjadi pilihan tepat untuk wisata keluarga. Destinasi wisata ini bisa menambah pengalaman petualangan yang seru.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Ir Sutami No. 109, Kecamatan Jebres, Solo. Safari merupakan transformasi dari Taman Satwa Taru Jurug.

Untuk menikmati keseruan di Solo Safari, pengunjung perlu membayar tiket masuk Rp45.000-Rp75.000. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

5. Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran

Taman Pracima Tuin berada di kompleks Pura Mangkunegaran. Tempat ini merupakan tempat untuk mengenal kebudayaan lokal dan menikmati fine dining ala bangsawan Jawa.

Menu-menu yang disajikan pun beragam, mulai dari dendeng age hingga garang asem. Untuk dapat menikmatinya, pengunjung perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena tempatnya sering penuh.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.