Sukses

Nasi Bekepor, Hidangan Ekslusif Raja-raja di Kalimantan Timur

Nasi Bekepor akan dihidangkan dengan makanan pendamping berupa Sambal raja yang beraroma jeruk yang nikat ketika disantap

Liputan6.com, Jakarta - Kalimantan Timur tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga memiliki warisan kuliner yang menggugah selera. Salah satu hidangan yang menonjol adalah Nasi Bekepor.

Dengan keunikan bahan dan proses pembuatannya, kuliner Kalimantan Timur ini memiliki cita rasa yang tak tertandingi. Nasi Bekepor adalah hidangan yang dibuat dari nasi putih yang diulah menjadi semacan nasi liwet dan disajikan dengan sayur, rempah dan potongan ikan asin.

Makanan ini berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan dulunya menjadi hidangan untuk para raja Kutai. Nasi Bekepor akan dihidangkan dengan makanan pendamping berupa Sambal raja yang beraroma jeruk.

Lauk pauk berupa daging bumi hangus atau daging bumbu kecap, sayur terung dengan bawang dayak, ikan jelawat, gangan asam kukar yang dimasak dengan kepala ikan dan ubi manis.

Rasa gurih dari nasi yang terimpit bumbu rempah, disandingkan dengan cita rasa gurih dan lembut dari potongan daging sapi, menjadikan Nasi Bekepor begitu istimewa.

Tak hanya itu, keseimbangan rempah yang digunakan memberikan aroma harum yang mengundang selera sejak hidangan ini disajikan. Nasi Bekepor tidak hanya sekadar hidangan lezat, tetapi juga bagian dari warisan budaya Kalimantan Timur.

Keunikan cita rasa dan proses pembuatannya yang rumit memperlihatkan betapa pentingnya melestarikan warisan kuliner ini untuk generasi mendatang. Nasi Bekepor dimasak di atas arang dengan cara mencampurkan nasi setengah matang dengan daun kemangi, cabai, perasan jeruk nipis, minyak sayur, dan potongan ikan asin dalam sebuah kendi atau kuali besar.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pengolahan

Proses pengolahan nasi Bekepor akan menghasilkan nasi yang pulen dan tidak lembek namun akan berwarna agak pucat dan berminyak karena telah bercampur bumbu dan minyak.

Bahan-bahan:

- 300 gr beras

- 600 ml air

- 2 lembar daun salam

- 1 lembar daun pandan

- 1 ikat daun kemangi

- 1 sdt garam

- 1/4 buah jeruk nipis, peras ambil airnyaikan asin goreng secukupnya. sebagian di suwir-suwir.

Bahan sambal raja:

- 8 buah cabe merah keriting

- 4 buah cabe rawit

- 1/4 jeruk nipis . Peras ambil airnya

- 1 sdt terasi bakar

- 1 sdt garam

- 1 sdt gula

Bahan sayuran sambal:

- Kacang panjang secukupnya di potong dan goreng sebentar

- Terong ungu dipotong dadu dan goreng sebentar

- 4 siung bawang merah di potong menjadi 4 bagian

- Telur ayam rebus untuk pelengkap

Nasi Bekepor adalah keajaiban rasa dari Kalimantan Timur yang menggugah selera dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Keunikan bahan, proses pembuatan, serta sensasi rasa yang memikat menjadikan hidangan ini sebuah kenikmatan yang tak bisa diabaikan. Dalam setiap suapan, terasa warisan budaya yang perlu kita jaga dan lestarikan.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.