Sukses

Angela Tanoesoedibjo: Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba Beri Dampak Ekonomi Nyata

Kompetisi jetski bertaraf internasional, Aquabike Jetski World Championship 2023, yang berlangsung di Danau Toba memberikan dampak ekonomi nyata bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta masyarakat setempat.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi jetski bertaraf internasional, Aquabike Jetski World Championship 2023, yang berlangsung di Danau Toba memberikan dampak ekonomi nyata bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) serta masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Baparekraf) Angela Tanoesoedibjo usai menyaksikan pembukaan Aquabike World Championship 2023 di Waterfront City Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (24/11/2023).

Diakatakan Angela, Aquabike menjadi salah satu dari sekian banyak event internasional yang diselenggarakan di Indonesia pada 2023. Dengan adanya event seperti ini, pasti berdampak langsung kepada pelaku pariwisata di Danau Toba, termasuk pelaku industri hotel, homestay, restoran, dan lain sebagainya.

"Ini juga menjadi sarana promosi yang ampuh karena media di dunia meliput dan para atlet juga mempunyai follower yang banyak di sosial media," kata Wamenparekraf Angela.

Berdasarkan data yang dihimpun Kemenparekraf untuk periode 22 hingga 26 November 2023, kamar yang sudah ter-booking sebanyak 3.040. Adapun restoran dan penyewaan kendaraan juga banyak yang telah dipesan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dimeriahkan Berbagai Kegiatan Menarik

Berkat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat, Aquabike Jetski World Championship 2023 dimeriahkan dengan sederet kegiatan menarik mulai dari pertunjukan seni dan budaya, pameran UMKM, hingga konser musik yang menampilkan artis lokal dan artis ibu kota.

"Sehingga Aquabike ini menjadi gelaran pesta rakyat Danau Toba yang menjadi hiburan dan kebanggaan masyarakat," ujar Angela.

Wamenparekraf Angela bersama Wamen BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyempatkan diri menonton race 1 dan race 2 Aquabike Jetski World Championship 2023 di Kabupaten Samosir yang dipadati ribuan penonton baik lokal maupun mancanegara.

Berlatar belakang jajaran bukit yang berselimut kabut dan suguhan atraksi budaya, penyelenggaraan Aquabike kali ini diharapkan mampu memikat para pengunjung yang hadir sehingga Danau Toba dapat menjadi salah satu tujuan utama wisatawan.

3 dari 4 halaman

Digelar di 4 Kabupaten

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22 hingga 26 November 2023. Acara diikuti lebih dari 100 pembalap internasional dari 20 negara serta 10 pembalap nasional.

Dalam Aquabike kali ini dipertandingkan seri endurance. Penentuan pemenang bukan berdasarkan pembalap yang mencapai garis finish pertama, tetapi pembalap yang mampu bertahan melakukan race selama 35 menit dengan jumlah lap yang diraih para pembalap.

Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai di Kabupaten Karo pada 22 November 2023 yang bertajuk Karo Cup. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi sehari setelahnya, 23 November 2023. Kemudian Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir.

4 dari 4 halaman

Balapan Seri Utama

Setelah itu, para pembalap akan bertanding pada seri utama yakni Grand Prix Danau Toba 2023 yang digelar di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November 2023. Dalam seri ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Turut hadir mendampingi Wamenparekraf Angela, Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf, Sri Utari Widyastuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini