Sukses

Resep Mudah Rujak Buah, Hidangan Lezat dan Segar Kaya Cita Rasa

Ada beberapa versi rujak di Indonesia diantaranya Rujak Buah, Rujak Cingur, Rujak Petis dan rujak lain yang ada di setiap daerah

Liputan6.com, Jakarta - Rujak menghadirkan perpaduan rasa manis, asam, pedas, dan gurih dalam satu sajian. Setiap suapannya membangunkan indera dengan ledakan rasa yang kontras namun menyatu secara magis.Rujak adalah hidangan Indonesia yang unik dengan beragam cita rasa.

Ini mencampur buah-buahan dengan bumbu khas, cenderung manis, asam, dan pedas sekaligus. Ada beberapa versi rujak di Indonesia diantaranya Rujak Buah, Rujak Cingur, Rujak Petis dan lainnya.

Buah-buahan segar adalah bintang utama dalam rujak buah. Potongan-potongan buah yang segar, seperti mangga, nanas, jambu, dan mentimun, memberikan kelezatan dan kesegaran yang tidak terlupakan.

Bumbu rujak adalah kunci utama. Terdiri dari gula jawa yang manis, cabe rawit yang pedas, asam jawa yang segar, terasi yang gurih, dan garam untuk menyeimbangkan rasa.

Gabungan rempah-rempah inilah yang menciptakan karakteristik unik rujak. Rujak bukan hanya tentang rasa, tetapi juga tentang budaya dan kebersamaan. Berbagi rujak bersama keluarga atau teman-teman adalah pengalaman sosial yang menghangatkan.

Berikut adalah panduan umum cara membuat rujak buah:

Bahan:

- Buah-buahan (mangga, nanas, jambu, timun, dll.)

- Bumbu rujak (gula jawa, cabe rawit, asam jawa, terasi, garam)

- Kacang tanah sangrai

- Sedikit air

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

Langkah-langkah:

1. Potong buah-buahan sesuai selera, biasanya potongan kecil-kecil agar mudah dinikmati.

2. Haluskan atau tumbuk bumbu rujak (gula jawa, cabe rawit, asam jawa, terasi, garam) hingga halus.

3. Campurkan buah-buahan dengan bumbu rujak, tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan dan sedikit air.

4. Pastikan semua bumbu merata pada buah-buahan.

5. Rujak siap disajikan!

Penulis: Belvana Fasya Saad

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.