Sukses

Jalan-Jalan ke Magelang, Coba Rekomendasi Kuliner Ini

Meski jaraknya tak jauh dari Yogyakarta, tapi kuliner Magelang cukup berbeda dengan Kota Gudeg tersebut. Berikut ini adalah rekomendasi kulier yang wajib dicoba saat mengunjungi Magelang.

Liputan6.com, Magelang - Berwisata ke Magelang mungkin yang paling akan diingat adalah berkunjung ke situs Candi Borobudur. Namun, di sisi lain, kuliner Magelang ternyata tak kalah menarik untuk dijajal.

Setelah jalan-jalan menghabiskan waktu, baiknya berkunjung menikmati kuliner khas untuk sekalian mengisi energi. Beberapa tempat jaraknya bahkan tak jauh dari situs wisata super prioritas tersebut.

Meski jaraknya tak jauh dari Yogyakarta, tapi kuliner Magelang cukup berbeda dengan Kota Gudeg tersebut. Berikut ini adalah rekomendasi kulier yang wajib dicoba saat mengunjungi Magelang.

1. Sop Senerek

Sop senerek berisi dari sop kacang merah dan beberapa sayuran lain yang di atasnya diberikan potongan daging. Sopnya bening dan sering kali pedas. Kuliner ini banyak disajikan di Magelang.

Sop senerek yang cukup terkenal di Magelang adalah Sop Senerek Pak Parto di Jalan Jenderal Sudirman. Kabarnya kuliner paling digemari pada masa penjajahan, dan sekarang bisa ditemui di sekitar Borobudur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Lesah

2. Nasi Lesah

Nasi lesah ini hanya bisa ditemukan di Magelang. Salah satu yang dikenal adalah Nasi Lesah Pak Badut. Menunya mirip dengan soto, tetapi kuah dari Lesah ini tidak kuning seperti soto, melainkan disiram dengan menggunakan santan kelapa, rasanya lebih kental dan sedap.

3. Kupat Tahu

Kupat tahu mungkin saja banyak ditemui di kota-kota lain, tapi kuliner kupat tahu di Magelang masuk dalam kuliner khas. Katanya belum afdol ke Magelang kalau belum makan kupat tahunya.

Kuliner ini terdiri dari ketupat, mi, gorengan lokal, kol dan tahu. Seluruh makanan ini lalu disiram dengan sambal kacang cair berwarna kehitaman.

4. Wedang Kacang

Wedang kacang ini berbeda dengan wedang ronde. Teksturnya juga unik dengan dalamnya ditambahkan bola-bola dari kue beras. Bahan utamanya kacang polong yang direbus bersama gula merah dan gula batu.

Setelah direbus cukup lama, minuman ini rasanya akan manis lezat dengan kuah berwarna coklat kemerahan. Wedang kacang biasanya disajikan dengan wajik.

5. Sego Godog

Sekilas sego godog memang tak sedikit ditemukan di sejumlah kota, terlebih di Jawa Tengah atau Yogyakarta. Namun ada sedikit perbedaan antara sego godog Magelang dengan yang ada di kota lain, yakni penambahan mi kuning.

Selain itu, sego godog di Magelang biasanya direkomendasikan untuk disajikan pedas, tapi kalau kamu tidak suka pedas bisa pesan tanpa tambahan suwiran lombok agar aman.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.