Sukses

Wajib Tahu, Alasan Kesehatan Kenapa Mengupas Kulit Bibir Berbahaya

Mengelupas kulit bibir dapat mengganggu keseimbangan hingga membuat bibir lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit bibir memiliki lapisan pelindung alami yang bertugas melindungi dari elemen-elemen luar, seperti sinar UV dan polusi. Mengelupasi kulit bibir dapat merusak lapisan ini, meningkatkan risiko kerusakan akibat paparan eksternal.

Dirangkum dari berbagai sumber, kulit bibir memiliki kemampuan alami untuk menjaga kelembapan. Kulit bibir yang mengelupas dapat mengganggu keseimbangan hingga membuat bibir lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah.

Tindakan mengelupas kulit bibir dapat menciptakan celah-celah kecil, meningkatkan risiko infeksi dan peradangan. Bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk melalui luka kecil ini, menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa produk perawatan bibir juga mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi. Mengelupas kulit bibir dengan kasar dapat memperburuk iritasi dan menyebabkan reaksi alergi.

Bibir yang sehat tidak hanya membuat senyuman lebih menawan, tetapi juga mencerminkan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu kebiasaan yang perlu dihindari adalah mengelupasi kulit bibir.

Mengapa kita sebaiknya tidak melakukan hal ini? Kulit bibir memiliki lapisan pelindung alami yang membantu melindungi dari paparan sinar UV, debu, dan polusi. Mengelupasi kulit bibir dapat merusak lapisan ini, membuat bibir lebih rentan terhadap masalah kesehatan.

Kulit bibir memiliki kemampuan alami untuk menjaga kelembaban. Mengelupasi kulit bibir dapat mengganggu keseimbangan ini dan membuat bibir lebih kering, menyebabkan ketidaknyamanan dan pecah-pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesehatan Bibir

Proses pengelupasan kulit bibir bisa menyebabkan celah-celah kecil, meningkatkan risiko infeksi dan peradangan. Bibir yang terluka dapat menjadi pintu masuk bagi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa produk perawatan bibir mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi. Mengelupas kulit bibir dapat meningkatkan risiko terhadap efek samping dari produk-produk ini.

Sebaliknya, perawatan yang benar untuk bibir termasuk penggunaan pelembap bibir yang lembut dan alami. Hindari gigitan atau mengelupasi kulit bibir dengan tangan, dan pastikan untuk minum cukup air untuk menjaga kelembapan kulit.

Jadi, sederhana seperti mengelupas kulit bibir terlihat, dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan bibir Anda. Melalui perawatan yang lembut dan bijaksana, Anda dapat menjaga kecantikan dan kesehatan bibir Anda dengan lebih baik. 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.