Sukses

Desainer Asal Makassar Dipercaya Rancang 2 Gaun Perwakilan Indonesia di Miss Universe 2023

Yusuf Isvania memastikan dirinya telah menyiapkan kejutan menarik dalam dua gaun rancangannya

Liputan6.com, Makassar - Yusuf Isvania, desainer kenamaan asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan dipercaya mendesain gaun untuk Miss Universe Indonesia, Fabienne Nicole Groeneveld dalam ajang Miss Universe Intenational 2023 di El Salvador, 18 November 2023 mendatang. Tak hanya satu gaun, Yusuf Isvania dipercaya menyiapkan dua gaun untuk Fabienne. 

"Alhamdulillah tahun ini saya dipercayakan sebagai official desainer untuk Miss Universe Indonesia di ajang Miss Universe Internasional 2023 di El Salvador. Saya diminta menyediakan dua gaun, dan itu gaun utama. Yang pertama gaun prelimenary dan yang kedua itu gaun untuk grand final," kata Yusuf Isvania, Senin (23/10/2023).

Yusuf Isvania pun mengaku bahwa dirinya telah lama bermimpi untuk menjadi desainer finalis dalam ajang sebergengsi Miss Universe. Menurut dia kesempatan tersebut adalah hal yang sangat langka.

"Alhamdulillah saya merasa excited. Ini juga memang jadi impian saya sejak dulu. Memang pengen banget ke ajang Miss Universe," ucapnya.

Yusuf menceritakan bahwa dirinya dipilih setelah makeup artist tenama, Bubah Alfian merekomendasikan dirinya kepada Fabienne untuk menjadi official desainer dalam ajang Mis Universe International 2023. Tanpa pikir panjang Yusuf pun mengiyakan tawaran tersebut. 

"Sebenarnya ada beberapa desiner yang direkomendasikan, tapi Alhamdulillah Fabienne Nicole memilih saya," ukunya.

Kala itu Yusuf langsung berangkat dari Makassar ke Jakarta untuk bertemu Fabienne Nicole dan  melakukan fitting baju. Hal itu harus ia lakukan dengan cepat lantaran ia hanya memiliki waktu dua pekan lamanya untuk mempersiapkan dua buah gaun yang akan dibawa Fabienne ke El Salvador.

"Waktunya cukup mepet, tapi saat ini sudah rampung 80 persen. Mungkin tanggal 25 saya akan terbang ke Jakarta lagi untuk mebawa gaun ini," urainya.

Yusuf memastikan bahwa dirinya telah menyiapkan kejutan yang menarik dalam dua gaun yang ia rancang. Yusuf pun optimis Indonesia bisa meraih prestasi dalam ajang Miss Universe International 2023 di El Salvador.

"Tentu saya sudah siapkan kejutan. Saya juga optimis Indonesia bisa juara soalnua sosol Fabienne ini selain cantik juga pintar dan berwawasan luas. Saya berharap dia bisa membawa nama Indonesia dengan baik dengan segala ceritanya, pengalamannya dan backgroundnya," Yusuf menuturkan. 

Yusuf menambahkan bahwa salah satu dari dua gaun yang ia rancang untuk Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole bekerja sama dengan jebolan Jember Fashion Carnaval yang juga merupakan penata rias ternama tanah air, Bubah Alfian. 

"Jadi kan ada dua gaun, salah satunya itu kita kolaborasi dengan Bubah Alfian," dia memungkasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Prestasi Yusuf Isvania

Jam terbang Yusuf Isvania sebagai desainer memang bisa dibilang telah mendunia. Meski hanya lulusan pesantren, Yusuf telah mencatatkan namanya dalam berbagai ajang bergengsi. 

"Alhamdulillah saya juga sudah pernah di ajang yang lain seperti Miss Grand International 2022, saat itu saya dipercaya oleh Ivan Gunawan untuk menyiapkan baju salah satu kandidat yakni Andina Julie diacara Black Carpet Miss Grand International 2022," ucapnya

"Disaat yang bersamaan, Miss Grand Australia juga mempercayakan saya menjadi desainer di prelimenary dan grand final dalam event Miss Grand Internatioan 2022," tambahnya

Selain itu, Yusuf Isvanisa juga pernah mendesain busana Kapal Pinisi Khas Bulukumba yang dikenakan oleh finalis Putri Indonesia 2016 asal Sulawesi Selatan, Yulinar Pratiwi Arief. Kala itu gaun tersebut berhasil menyabet juara sebagai Best Traditional Costume pada Pemilihan Puteri Indonesia 2016 di Jakarta.

Pada tahun 2019, finalis Putri Indonesia asal Sulawesi Tenggara, Amelia kembali mengenakan buah tangan Yusuf Isvania. Tak main-main, karya Yusuf kala itu berhasil menjadi The Best Evening Gown dalam Fashion Show yang digelar di Gandaria City, Jakarta waktu itu.

Tak berhenti sampai disitu, Shinta Yuliasmi yang merupakan finlais Putri Indonesia asal Banten 2 berhasil meraih Juara I Best Evening Gown pada malam Seni dan Budaya Putri Indonesia 2022. Shinta kala itu mengenakan long gown bernuansa jingga rancangan Yusuf Isvania.

Lalu pada ajang Putri Indonesia 2023, Yusuf Isvania kembali mendapat kepercayaan menjadi desainer perwakilan Sulawesi Selatan, Tita Kamila. Tita mengenakan gaun malam berwarna biru tua dan bermotifkan tengkorak yang sontak mengundang decak kagum penonton. Gaun tersebut bernama “The Ma’nene from Toraya” rancangan desainer lokal Sulsel, Yusuf Isvania Couture.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.