Sukses

Mampir ke 3 Tempat Wisata di Kaki Gunung Burangrang Purwakarta, Udaranya Sejuk Banget!

Kabupaten Purwakarta punya banyak obyek wisata yang menyuguhkan keindahan alam, di antaranya, di Kecamatan Bojong.

Liputan6.com, Purwakarta Kecamatan Bojong, merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Mungkin tak banyak yang tahu jika daerah ini memiliki pesona alam yang cukup eksotis.

Selama ini, Kecamatan Bojong juga menjadi salah satu tujuan pariwisata di kabupaten kecil ini. Apalagi, secara geografis letak daerah ini berada di kaki Gunung Burangrang.

Sehingga, kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan tempat ngadem karena udara di daerah tersebut sangatlah sejuk dengan semilirnya angin pegunungan.

Bagi masyarakat yang belum tahu apa saja sih obyek wisata yang ada di Kecamatan Bojong ini sampai-sampai di setiap akhir pekan banyak sekali wisatawan yang datang ke wilayah ini

Liputan6.com mencoba merangkum beberapa destinasi wisata alam di Kecamatan Bojong yang selama ini cukup populer dan kerap disesaki pengunjung

1. Taman Batu Cijanun

Taman Batu Cijanun, merupakan salah satu lokasi wisata terpopuler di Kabupaten Purwakarta. Lokasinya berada di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong.

Lokasi wisata ini, mulai dibuka sejak 2017 lalu. Setiap akhir pekan atau saat musim liburan, lokasi wisata baru ini selalu dipadati pengunjung, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Adapun Suguhan utama di objek wisata buatan ini yakni pemandangan alam nan asri berupa mata air besar berhias taman batu. Keindahan kawasan ini bertambah karena dikelilingi pegunungan hijau.

Para pengunjung ke kawasan ini, bukan hanya akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri, namun juga bisa menikmati wahana air sepuasnya di sebuah kolam berair dingin khas air pegunungan. Pokoknya dijamin puas berkunjung ke Taman Batu Cijanun ini.

2. Jaya Tirta Abadi (JTA)

Berwisata sambil bermain air di sebuah kolam renang, siapa sih yang tak tergoda? Air yang dingin dengan warna kebiruan nan jernih, pasti membuat setiap orang yang melihat ingin langsung menyeburkan diri ke dalamnya

Jaya Tirta Abadi (JTA) bisa menjadi salah satu pilihan jika sedang berada di sekitar Kecamatan Bojong. Untuk objek wisata yang satu ini, menyuguhkan wahana air yang cukup komplit. Para pengunjung yang datang ke lokasi ini, bisa bermain air sepuasnya karena ada empat kolam renang yang disiapkan, baik untuk kalangan dewasa maupun anak-anak. Lokasi objek wisata ini ada di Kampung Pilar, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong.

Di kawasan kolam renang ini, pengunjung tak hanya bisa menikmati dinginnya air kolam. Melainkan, bisa beristirahat untuk menghilangkan penat, dengan menyewa hotel atau villa di lokasi kolam renang. Untuk biayanya cukup terjangkau.

3. Kampung Tajur

Kabupaten Purwakarta, juga punya destinasi wisata dengan konsep pedesaan. Lokasinya, persis di lereng Gunung Burangrang yang secara geografis masuk ke wilayah Kecamatan Bojong.

Kawasan wisata ini sangat cocok untuk mereka yang ingin merasakan suasana pedesaan, menginap di rumah penduduk setempat yang kuat dengan nuansa budaya sambil menikmati suasana alam perkampungan yang masih asri.

Kampung Tajur, begitulah kawasan wisata ini diberi nama. Kawasan wisata ini, sebenarnya merupakan sebuah Perkampungan dengan organisasi penduduk yang tertata dengan baik. Di Perkampungan itu, hanya ada 40 rumah yang tertata dengan sangat rapi.

Masuk ke perkampungan tersebut, pengunjung akan mendapati suasana penduduknya terlihat sangat damai. Mungkin, inilah salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan itu.

Selain keramahan penduduknya, ada daya tarik lain yang bisa dinikmati yakni berupa bangunan dengan arsitektur Sunda. Ya, desain rumah panggung yang terbuat dari bahan bangunan kayu dan bambu.

Bagi masyarakat perkotaan, suasana lingkungan damai nan alami seperti ini mungkin merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat langka didapat. Apalagi, suasana yang sangat alami ini pun didukung pemandangan yang eksotik.

Tak heran, dengan keindahannya itu membuat kampung ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat perkotaan. Apalagi, suhu udara di kampung ini antara 18-32 derajat celcius. Jadi, sangat cocok dijadikan tempat beristirahat.

Selama ini, pemerintah setempat menjadikan Kampung Tajur sebagai tujuan wisata alam bersendikan edukasi Edutainment. Karena, selain berwisata para pengunjung yang datang juga bisa mengikuti atau berbaur dengan aktivitas warga setempat. Semisal, bercocok tanam, membajak sawah, tanam padi, beternak dan kegiatan lainnya.

Sejauh ini, wisata alam Kampung Tajur masih menjadi salah satu tujuan favorit para pelancong, apalagi di musim liburan. Selama ini, para pengunjungnya sebagian besar warga dari luar daerah.

Selain masyarakat biasa, pengunjung juga banyak dari kalangan pelajar. Karena, di sini para pengunjung bisa berlibur sekaligus belajar. Daripada penasaran, yuk singgah ke Kabupaten Purwakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.