Sukses

Perjalanan Karier Bruce Willis, Si Anak Emas Hollywood

Sebelum mundur dari dunia akting, Bruce Willis merupakan anak emas Hollywood sejak dekade 80-an. Aktor kelahiran Jerman Barat ini mulai berakting sejak bergabung dengan klub drama saat duduk di bangku SMA.

Liputan6.com, Yogyakarta - Aktor Hollywood Bruce Willis menjadi sorotan setelah sahabatnya, Glen Caron mengungkapkan kondisi terkini aktor laga ini. Diketahui Bruce Willis memutuskan untuk pensiun dari dunia layar lebar karena masalah kesehatan pada 30 Maret 2022.

Aktor yang lahir pada 19 Maret 1955 ini didiagnosis menderita demensia frontotemporal. Penyakit ini membuatnya mengalami perubahan yang signifikan dalam aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari berbagai sumber, sang aktor tidak lagi menunjukkan minat dalam berbicara dan membaca. Bahkan, semua kemampuan bahasa yang sebelumnya dimilikinya kini telah hilang.

Sebelum mundur dari dunia akting, Bruce Willis merupakan anak emas Hollywood sejak dekade 80-an. Aktor kelahiran Jerman Barat ini mulai berakting sejak bergabung dengan klub drama saat duduk di bangku SMA.

Willis yang berbicara dengan gagap menemukan bahwa akting di atas panggung mampu mengurangi kegagapannya. Setelah lulus dari sekolah menengah pada 1973, Willis bekerja sebagai penjaga keamanan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Salem.

Lalu, ia bekerja sebagai kru di pabrik DuPont Chambers Works di Deepwater, New Jersey. Bruce Willis kembali ke dunia akting dengan mendaftar di Program Drama di Montclair State University.

Ia kemudian berperan dalam pertunjukan teater Cat on a Hot Tin Roof. Namun dia meninggalkan pendidikannya pada 1977 dan pindah ke New York City. Willis menjadi bartender di bar seni Manhattan Kamikaz.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Figuran

Saat tinggal di New York, Willis tampil sebagai figuran dalam film The Verdict (1982). Ia kemudian menggantikan Ed Harris dalam pemutaran perdana Broadway drama Foll for Love pada 1983.

Setelah itu, Willis pindah ke California dan berperan dalam serial Miami Vice. Ia kemudian mengikuti audisi dan berhasil mendapatkan peran sebagai David Addison Jr dalam serial Moonlighthing yang tayang pada 1985-1989.

Perannya dalam serial tersebut membantunya untuk menjadi aktor komedi. Berkat serial itu, ia berhasil mendapatkan penghargaan Outstanding Lead Actor in a Drama Series Emmy Award Best Actor-Television Series Musical or Comedy Golden Globe Award.

Bruce Willis pertama kali mendapatkan peran utamanya dalam film lewat Blind Date (1987). Ia beradu akting dengan Kim Basinger dan John Larroquette.

Nama Bruce Willis melambung sebagai bintang lewat aksi lewat peran John McClane dalam film Die Hard (1988). Dia melakukan sebagian besar aksinya sendiri dalam film tersebut.

Setelah itu, ia membintangi film lainnya seperti Mortal Thougs (1991), Death Becomes Her (1992), Pulp Fiction 91994), 12 Monkeys (1995), dan The Fifth Element (1997). Ia juga membintangi The Whole Nine Yards (2000), Grand Champion (2002), First Kill (2017), dan G.I. Joe: Retaliation (2013).

Berbagai aksi Bruce Willis dalam film mengundang pujian dan kekaguman pencinta film juga Hollywood. Bruce Willis termasuk aktor yang tidak tanggung-tanggung dalam berakting.

 

3 dari 3 halaman

Die Hard

Salah satu kemampuan akting Bruce Willis yang memikat adalah film saga Die Hard. Film Die Hard (1988) menuai kesuksesan luar biasa.

Film yang diproduksi dengan biaya US$35 juta itu mendapatkan box office hingga US$141 juta. Kemudian dibuat sekuelnya pada 1990, 1995, 2007, dan 2013.

Dengan kemampuan akting tersebut, Bruce Willis mampu meraih berbagai penghargaan sepanjang kariernya yang gemilang, seperti Favorite Supporting Actor Blockbuster Entertainment Awards 1999, Best Guest Actor in a Comedy Series Online Film & Television Association Awards 2000. Ia juga meraih Favorite Motion Picture Star in a Drama People's Choice Awards 2000 dan Outstanding Guest Actor in a Comedy Series Emmy Awards 2000.

Selain berakting, Bruce Willis Willis juga merupakan seorang penyanyi. Ia telah merilis tiga album yakni The Return of Bruno (1987), If It Don't Kill You, It Just Makes You Stronger (1989) dan Classic Bruce Willis: The Universal Masters Collection (2001).

Bruce Willis akan beraksi begitu total hingga terasa amat nyata di layar. Ketika ia bermain dalam karakter yang konyol, Bruce Willis juga tampil maksimal dan mampu mengocok perut penonton.

Bruce Willis membuktikan dirinya sebagai anak emas dunia akting dan Hollywood. Beragam genre telah ia geluti, mulai dari action, komedi, drama, hingga fiksi ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.