Sukses

Mengenal 6 Fakta Unik tentang Thailand

Negara Thailand termasuk ke dalam negara yang menarik untuk dikunjungi. Adapun berikut ini fakta-fakta unik tentang negara Thailand.

Liputan6.com, Bandung - Thailand termasuk salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan termasuk oleh masyarakat Indonesia. Negara yang berada di Asia Tenggara ini mempunyai keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Thailand mempunyai pantai-pantai indah dan mempunyai tebing-tebing batu kapur yang megah. Selain itu, banyak hal unik, aneh, tetapi memesona di negeri gajah putih tersebut.

Negara ini juga mempunyai bangunan vihara yang sangat cantik dan membuat banyak wisatawan ingin memanjakan matanya. Festival-festival yang sering diadakan di Thailand juga bisa menjadi alasan banyak orang tertarik mengunjungi tempat tersebut.

Di antaranya ada festival tahunan seperti festival Songkrang yang diadakan pada pertengahan April. Festival ini merupakan festival air yang mempunyai tujuan untuk pembersihan terutama untuk membersihkan patung Budha dan menyajikan makanan bagi para biksu.

Kemudian ada festival Loy Krathong yaitu festival yang memberikan penghormatan kepada Dewi Air Mae Khongkha. Festival tersebut biasanya digelar setiap bulan November setiap tahunnya.

Adapun salah satu festival unik yang menarik untuk dikunjungi di Thailand adalah festival Lopburi Monkey Banquet. Festival ini digelar di kuil monyet Kota Lopburi dan kamu akan memberikan makan kepada sekumpulan monyet yang tinggal di hutan Kuil Phra Prang Sam.

Maka dari itu untuk kamu yang ingin berkunjung ke Thailand terdapat beberapa fakta unik yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah enam fakta unik dari negara Thailand yang telah dirangkum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Fakta Unik Negara Thailand

1. Tidak Pernah Dijajah Eropa

Negara Thailand ternyata termasuk kedalam negara yang mempunyai sejarah sangat berbeda dari beberapa negara di Asia Tenggara. Pasalnya Thailand tidak pernah mengalami penjajahan dari negara-negara Eropa.

Sehingga Thailand dijuluki dengan nama ‘Pharet Thai’ yang artinya ‘Tanah yang Bebas’ karena tak pernah dijajah. Adapun sebelumnya Thailand dikenal dengan nama Siam namun berubah sejak 1939 menjadi Thailand yang berarti ‘Tanah Kebebasan’.

2. Arti Warna Bendera Thailand

Warna bendera Thailand terdiri dari warna merah, putih, dan biru yang ternyata mempunyai arti tersendiri. Warna merah melambangkan rakyat, putih melambangkan agama, dan biru melambangkan monarki.

Desain benderanya tersebut diadopsi pada 28 September 1917 dan pada tahun 2017 saat peringatan 100 tahun bendera tersebut. Thailand mulai memperkenalkan Hari Bendera Nasional Thailand yang diperingati setiap 28 September setiap tahunnya.

3. Mempunyai Nama Kota Terpanjang di Dunia

Melansir dari fanclubthailand.co.uk nama Bangkok bukan hanya sekedar ibu kota dan kota terbesar di Thailand saja. Namun namanya juga mempunyai keistimewaan tersendiri karena mempunyai nama terpanjang di dunia.

Perlu diketahui nama lengkap dari Bangkok adalah “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayutthaya Mahidol Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchawiwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.”.

Sehingga banyak orang Thailand menyingkatnya saja dengan sebutan “Krung Thep” saja dalam percakapan sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Fakta Selanjutnya

4. Mempunyai Bahasa Paling Rumit

Ketika mendengar bahasa Thailand secara langsung atau melalui film kita mungkin sering berpikir bahwa bahasa tersebut terdengar rumit. Faktanya bahasa Thailand memang termasuk kedalam salah satu bahasa terumit di dunia.

Hal tersebut dikarenakan bahasa Thailand mempunyai 44 konsonan, 32 vokal, dan 5 nada yang berbeda. Selain itu bahasa Thailand dinilai lebih sulit dari bahasa Mandarin yang mempunyai 4 nada, 44 konsonan, dan 15 vokal.

5. Tidak Boleh Sembarangan Berfoto dengan Patung

Saat mengunjungi kuil-kuil di Thailand kita harus berhati-hati dan bersikap dengan sangat baik. Pasalnya kuil patung Buddha di Thailand sangat dihormati dan pengunjung sangat tidak boleh menaiki patung Buddha yang ada disana.

Pengunjung yang ingin berfoto juga harus mengikuti beberapa aturan yang tersedia agar tidak dinilai tidak sopan. Contohnya saja saat berfoto pastikan kepala dalam posisi lebih rendah daripada patung jika ingin berfoto bersama.

6. Warna untuk Setiap Hari dalam Seminggu

Dalam budaya di Thailand setiap hari dalam seminggu mempunyai kaitan dengan warna-warna tertentu. Budaya ini merupakan tradisi lama namun masih dilihat dalam beberapa situasi.

Biasanya orang Thailand kebanyakan mengetahui hari kelahiran merek dan warna keberuntungannya. Berikut ini adalah hari dan warna yang biasanya dikaitkan oleh orang Thailand:

  • Senin: kuning
  • Selasa: merah muda
  • Rabu: hijau
  • Kamis: oranye
  • Jumat: biru
  • Sabtu: ungu
  • Minggu: merah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.